Pentingnya Money Management dalam Investasi Saham

Teknatekno.com – Selain memastikan memilih saham yang bagus, money management menjadi faktor yang harus diperhitungkan oleh investor. Money management akan berguna ketika investor atau trader akan mengambil keputusan.

Apa itu Money Management

Apa itu Money Management?

Money management adalah cara agar tidak kehabisan dana saat melakukan investasi saham. Ibarat saat berolahraga lari maraton, seseorang tentu harus menjaga ritme pernapasannya agar stamina terjaga hingga mencapai garis finish.

Hal ini ternyata juga penting untuk dipahami saat memutuskan untuk berinvestasi saham. Jika tak menjaga ritme keuangan, seorang investor akan merasa kesulitan untuk bisa bertahan dalam dunia saham sebelum tercapai targetnya.

Oleh karena itu, money management merupakan aspek yang krusial agar investor mengerti kapan portofolionya perlu dipertahankan, rata-rata turun, mengakuisisi saham yang berpotensi naik dalam waktu dekat, dan lain sebagainya.

Apa yang harus dilakukan investor saham?

Bersiap untuk Berinvestasi di Saham

Sebagai pelaku pasar modal yang aktif, kita tahu bahwa tujuan seorang investor atau trader memasuki pasar modal tidak lain adalah untuk mencari keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli saham.

Mereka lebih memilih pergi ke pasar saham bukan tanpa alasan, jika kita menyebut salah satu kalimat seorang investor kawakan Indonesia, Lo Kheng Hong, “Kekayaan planet ini tidak terletak di bawah laut, tetapi di pasar saham” memang cukup jelas mengapa bursa ini menjadi pilihan banyak orang. .

Pasar saham tidak diragukan lagi merupakan sektor yang paling produktif untuk menghasilkan pendapatan. Pasar saham juga menawarkan keuntungan yang kaya. Mulai dari saham bluechip hingga saham dengan volatilitas ekstrim yang biasa disebut dengan saham gorengan.

Tapi nyatanya tidak semua orang bisa menghargai. Jika Anda merujuk pada pernyataan Tuan Lo Kheng Hong di pasar saham, “Tuhan pasti Maha Pengampun, tetapi pasar saham kejam.”

Kelihatannya agak berlebihan tetapi sebenarnya inilah yang sering terjadi, banyak orang yang tertarik dengan pertukaran kita akhirnya mengurangi kerugian atau terdampar di pasar saham kita karena kurangnya kesiapan.

Ini tidak selalu tentang berapa banyak uang yang kita hasilkan, melainkan berapa lama kita bisa bertahan pada investasi kita di pasar saham.

Berinvestasi tidak seperti lari cepat 100 meter, tetapi lebih seperti maraton. Dibutuhkan banyak hal agar kita dapat melewati garis finis dengan aman. Banyak hal yang harus kita miliki:

  • Sepatu lari terbaik dan terbukti,
  • Mentalitas pemenang, dan
  • Mengatur ritme pernapasan agar tidak kehabisan udara di tengah perlombaan.

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like