Pengertian Asuransi: Unsur, Fungsi Serta Jenisnya

Teknatekno.com – Sepertinya kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah pengertian asuransi. Sayangnya, istilah ini memiliki konotasi yang negatif. Kami ingin menghindari orang-orang dengan agen asuransi dalam judul mereka, untuk alasan yang jelas.

Namun, terkadang kita menghindari apa yang tidak kita pahami. Jadi, apa sebenarnya pengertian “asuransi” itu? Mari kita lihat pengertian asuransi dibawah ini dan bagaimana penggunaannya.

Pengertian Asuransi

Pengertian Asuransi

Apa itu asuransi? Asuransi adalah suatu bentuk kesepakatan antara dua pihak, yaitu Tertanggung dan Penanggung, dimana Tertanggung memberikan kontribusi kepada Penanggung guna memperoleh suatu bentuk kompensasi atas risiko keuangan yang mungkin datang secara tidak terduga.

Saat ini, istilah “Penanggung” mengacu pada perusahaan asuransi yang ada, sedangkan “Tertanggung” mengacu pada pelanggan.

Apa Saja Unsur Asuransi?

Setelah mengetahui pengertian asuransi, lalu apa saja unsur yang terdapat di asuransi? Asuransi terdiri dari 3 unsur penting, yaitu premi asuransi, polis asuransi, dan klaim asuransi.

Premi Asuransi

Premi asuransi adalah pembayaran biaya yang harus dibayar oleh konsumen selama jangka waktu yang telah ditentukan. Pembayaran premi bulanan, setengah tahunan, atau tahunan adalah hal biasa.

Polis Asuransi

Sedangkan polis asuransi adalah dokumen hukum yang mengatur hubungan asuransi. Mulai dari nilai manfaat, besaran premi, risiko yang ditanggung, hingga pengecualian (risiko yang tidak ditanggung asuransi) (risiko yang tidak ditanggung asuransi).

Rencana asuransi adalah sah dan mengikat secara hukum. Pihak lawan memiliki kekuasaan untuk menghentikan kerjasama dengan pihak yang melanggar atau bahkan menuntutnya jika melanggar norma kebijakan.

Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah prosedur pelaporan resmi kepada perusahaan asuransi ketika pelanggan menderita risiko yang ditanggung oleh polis asuransi.

Jika klaim asuransi diajukan sesuai dengan aturan yang tercantum dalam polis, perusahaan asuransi akan menawarkan sejumlah uang sebagai kompensasi atas risiko keuangan yang diderita pelanggan.

Apa Fungsi Asuransi?

Asuransi terutama dirancang untuk membantu Anda menghadapi bahaya hidup yang tidak terduga. Asuransi tidak menghilangkan kemungkinan risiko-risiko ini, tetapi memungkinkan Anda untuk mengurangi dampak keuangan yang akan mereka timbulkan pada Anda jika itu terjadi.

Penting untuk diingat bahwa fungsi asuransi bukan untuk menjamin bahwa uang kita akan dikembalikan secara penuh.

Seperti halnya berinvestasi, tujuan utama asuransi adalah memberikan perlindungan terhadap risiko yang tidak diketahui, bukan untuk meningkatkan uang bersih seseorang.

Dengan kata lain, asuransi adalah strategi yang kita gunakan untuk mempersiapkan hal-hal yang tidak terduga. Mulai dari risiko kecelakaan, risiko sakit, hingga risiko kehilangan pencari nafkah utama dalam keluarga. Setiap risiko ini dilindungi oleh asuransi.

Apa Saja Jenis-Jenis Asuransi?

Ada berbagai jenis asuransi yang tersedia. Risiko yang ditanggung oleh berbagai jenis asuransi sangat bervariasi. Namun, berikut ini adalah beberapa jenis asuransi yang paling umum:

Asuransi Kesehatan

Dengan risiko penyakit yang mungkin menimpa setiap orang dan pengeluaran kesehatan yang semakin meningkat, tidak heran jika jenis asuransi ini cukup populer karena ada asuransi rawat jalan dan rawat inap, serta asuransi kesehatan dengan manfaat harian.

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like