Beberapa Cara Membuat Laporan Keuangan Akuntansi

Teknatekno.com – Buat kamu yang mau jadi accounting harus tau dulu nih cara membuat laporan keuangan! Laporan keungan adalah sebuah dokumen  yang menggambarkan situasi keuangan dan kinerja bisnis.

Laporan keuangan terdiri dari banyak laporan, antara lain laporan posisi keuangan/neraca, laporan laba rugi, laporan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan, sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Laporan keuangan dan laporan laba rugi adalah dua jenis laporan keuangan yang tidak asing lagi bagi masyarakat umum.

Secara umum, kedua laporan ini dapat digunakan untuk tujuan bisnis kecil, tetapi perusahaan yang lebih besar akan menginginkan seluruh laporan.

Syarat  Laporan Keuangan

Menyiapkan laporan keuangan yang memerlukan  software akuntansi, seperti pemahaman tentang standar dan prosedur akuntansi keuangan. Jika kamu yakin bahwa laporan keuangan hanya dapat disiapkan dengan menggunakan software akuntansi, kamu mungkin salah.

Software akuntansi adalah alat yang digunakan oleh orang-orang yang membuat laporan keuangan.

Perbandingannya seperti ini sebuah mobil balap yang kencang, tanpa pembalap yang menguasai teknik balapan, maka dapat diperkirakan mungkin malah tidak dapat dikendalikan dan akhirnya tidak dapat menyelesaikan balapan.

Demikian pula, memiliki software akuntansi tetapi tidak memiliki personil akuntansi akan menyelesaikan laporan keuangan yang tidak diselesaikan dengan baik. Hanya saja jumlahnya sangat penting, dan debit dan kredit dapat dipertukarkan, tetapi informasi yang diberikan tidak benar.

Laporan keuangan adalah produk dari urutan transaksi dan peristiwa di perusahaan yang dicatat. Prosedur ini memerlukan analisis transaksi. Analisis untuk memastikan bahwa informasi transaksi dicatat sesuai dengan persyaratan dan keadaan standar akuntansi keuangan.

Di Indonesia, selain PSAK umum, ada standar akuntansi keuangan lain yang bisa diterapkan UKM.

Setiap transaksi memiliki seperangkat aturan dan kriteria tersendiri untuk mencatatnya; ini bukan hanya masalah penjurnalan transaksi debet-kredit.

Menerima uang dari konsumen tidak langsung, misalnya, dapat dicatat sebagai pendapatan, tetapi membayar vendor tidak langsung dicatat sebagai beban.

Tahap Pertama: Membentuk Laporan Keuangan

Penyusunan laporan keuangan memerlukan perencanaan sebelumnya untuk struktur laporan keuangan, seperti bagaimana informasi penjualan akan ditampilkan, biaya, dan apakah informasi tersebut akan disajikan sesuai dengan fungsi perusahaan atau digabungkan.

Untuk melakukannya, penting untuk menentukan informasi keuangan yang diinginkan bisnis, seperti kinerja penjualan dan biaya untuk unit bisnis an atau produk a, b, dan c, atau penjualan berdasarkan wilayah, seperti penjualan di Jakarta, Bandung, dan Medan. sebagai contoh

Siapkan bagan akun yang dapat memenuhi kebutuhan manajemen jika informasi yang diinginkan lengkap. Ingatlah untuk mematuhi persyaratan PSAK, karena ini sudah diatur dalam PSAK terkait dengan laporan.

Tahap Kedua: Menyiapkan Sistem

Standar akuntansi, aturan akuntansi, dan prinsip akuntansi semuanya harus ditentukan oleh manajemen atau pemilik perusahaan. Prosedur bisnis perusahaan sedang didokumentasikan.

Untuk mencatat transaksi, gunakan voucher kertas atau dokumentasi transaksi lainnya. Pada tahap ini, fokusnya adalah pada pengembangan dan implementasi sistem informasi akuntansi.

Kami akan menggunakan contoh PSAK 72, yang berkaitan dengan pendapatan kontrak pelanggan, untuk lebih memahami standar akuntansi keuangan untuk operasi bisnis. PSAK 72 mengamanatkan bahwa bisnis melacak ketika komitmen pelanggan hanya sebagian terpenuhi.

Artinya, organisasi persyaratan kerja dalam kontrak pelanggan harus diperiksa sehingga pendapatan dicatat tepat waktu.

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like