10 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk PC atau Laptop Windows

Teknatekno.com – Meski bukan komponen utama, namun kehadiran aplikasi kamera webcam tak lepas dari sebuah laptop. Webcam dengan berbagai resolusi dan fitur kini tersedia di hampir semua windows.

Kamera pada laptop sendiri memiliki berbagai fungsi, salah satu fungsi webcam bagi penggunanya adalah bisa untuk foto atau untuk merekam video. Panggilan video melalui layanan seperti Skype, Zoom, dan Google Meet juga biasa dilakukan menggunakan kamera.

Setiap laptop biasanya dilengkapi dengan aplikasi kamera bawaan. Namun sayangnya aplikasi kamera di laptop terkadang hanya memiliki beberapa fitur saja. Selain itu, gambar dan video yang diambilnya memiliki kualitas di bawah standar.

Nah, kali ini Teknatekno akan mengulas daftar aplikasi kamera atau webcam yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan aplikasi bawaan. Berbagai aplikasi tersebut dapat kamu unduh dan gunakan secara gratis, salah satunya pada OS Windows 8.

Daftar Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop

Berikut rekomendasi aplikasi kamera dari kami yang bisa kamu unduh untuk Windows kamu:

Daftar Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk Laptop

1. YouCam

Jika kamu mencari aplikasi kamera untuk PC atau laptop kamu, kami menyarankan YouCam sebagai opsi. Aplikasi yang dapat bekerja pada sistem operasi Windows ini cukup menarik dimana kamu dapat menggunakan sekitar 200 efek untuk mendapatkan bidikan yang unik.

Memang benar bahwa YouCam hadir dengan serangkaian fitur yang berguna untuk membuat hidup sedikit lebih mudah bagi penggunanya. Misalnya ada fitur HDR dan panorama yang bisa menghasilkan gambar lebih bagus. Selain untuk selfie, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merekam video.

Kekurangannya, aplikasi ini membutuhkan laptop atau PC yang cukup berat, minimal harus menggunakan Intel Core i5 atau setara, menggunakan RAM 4 GB, dan juga Windows 8 ke atas.

Aplikasi YouCam cukup murah hati karena menawarkan versi uji coba gratis sebelum kamu membelinya. Jika kamu menyukainya setelah uji coba gratis, kamu dapat membelinya seharga Rp 521.413.

2. Windows Camera

Windows Camera, aplikasi Microsoft, adalah pilihan yang baik untuk pengguna Mac. Dengan aplikasi yang satu ini, kamu bisa memotret dengan mudah dan sederhana. Alasan untuk ini adalah bahwa antarmuka pengguna Windows Camera jauh lebih mudah daripada aplikasi pesaing.

Selain itu, ada banyak efek menyenangkan yang tersedia di Windows Camera yang dapat menyempurnakan foto kamu. Bahkan, kamu juga bisa memilih rasio 16:9 atau 4:3 untuk foto.

Oh ya, aplikasi ini juga bisa merekam video lho. Karena ini adalah aplikasi resmi dari Microsoft, aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi hanya tersedia di Windows 10.

3. Logitech Capture

Ingin merekam dengan lebih dari satu webcam? Kamu bisa menggunakan Logitech Capture! Tapi tunggu dulu, apa sih keuntungan merekam dari dua webcam? Kamu bisa melakukan review suatu produk sekaligus menunjukkan wajah dan produk tersebut misalnya, atau kamu bisa melakukan tutorial sambil melakukan review.

Fitur multi-source ini juga berlaku tidak hanya untuk webcam tetapi juga untuk menampilkan windows di PC, semacam screencasting. Perlu juga dicatat bahwa kamu memiliki kendali penuh atas lingkungan, memberikan kesan bahwa kamu berada di studio rekaman.

Logitech Capture memungkinkan kamu melakukan semuanya, berupa menyesuaikan kecerahan, menerapkan filter, menambahkan tanda air, dan menambahkan hamparan teks. Selain itu, aspek rasionya tidak hanya landscape tapi juga bisa portrait (9:16), cocok untuk kamu yang suka memposting cerita secara profesional.

Hanya ada beberapa model webcam yang didukung oleh aplikasi ini, antara lain C920 HD PRO, C920s HD PRO, 1080P PRO STREAM, C922 PRO STREAM, C922X PRO STREAM, STREAMCAM, STREAMCAM PLUS, BRIO 4K PRO, BRIO STREAM, dan C930e.

Rekomendasi Aplikasi Kamera Webcam Terbaik untuk PC Laptop

4. ManyCam

Sebaiknya unduh ManyCam jika kamu mencari aplikasi kamera PC dengan banyak stiker dan efek. Aplikasi yang berguna ini memungkinkan kamu mengedit dan menambahkan berbagai macam stiker ke foto kamu.

Dengan aplikasi ManyCam, kamu dapat merekam video selain foto. Tak tanggung-tanggung, pengguna bisa merekam video dengan berbagai resolusi, 240p, 480p, HD, Full HD, dan masih banyak pilihan lainnya.

Aplikasi ini tampaknya cukup intensif sumber daya. Seperti yang diharapkan, mengingat luasnya kemampuannya. Setidaknya disarankan untuk menggunakan Intel Core i5 (coba generasi ke-6 atau lebih untuk fitur Virtual Background), juga menggunakan VGA tambahan.

Aplikasi ini tersedia untuk Windows 10, macOS, dan bahkan Android dan iOS. Jadi, apakah kamu masih ragu untuk mencoba ManyCam?

5. Debut Video Capture

Debut Video Capture adalah aplikasi kamera laptop gratis berikutnya. Software ini dapat merekam video melalui webcam laptop, webcam eksternal, atau merekam layar desktop. Rekaman kemudian akan disimpan dalam AVI, WMV, dan format lainnya.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Debut Video Capture juga dapat menjadwalkan perekaman video pada waktu-waktu tertentu. Banyak opsi lain, seperti mengubah skema warna atau gaya bingkai, juga tersedia untuk disesuaikan. Menariknya, kamu juga bisa menambahkan filter dan teks pada foto dan video yang kamu ambil.

Selain menyediakan versi gratis, tidak ada salahnya membeli versi berbayar! Biaya versi Home adalah sekitar Rp 298.036, sedangkan Edisi Pro lebih mahal lagi, yaitu Rp 372.545 per tahun.

6. SplitCam

SplitCam adalah aplikasi webcam PC yang lengkap. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melakukan streaming ke beberapa aplikasi chatting sekaligus seperti Skype, Windows Live Messenger, Yahoo messenger, AOL AIM, ICQ, Camfrog, Gtalk, dan juga YouTube. Dan, ada banyak aplikasi messenger lain yang didukung SplitCam.

Ini bukan hanya untuk aplikasi chatting juga. Pengguna juga dapat memperoleh lebih banyak pengikut dengan streaming langsung di berbagai platform sekaligus, termasuk Livestream, Ustream, Justin.tv, dan TinyChat.

Aplikasi SplitCam juga menyediakan fitur Realistic 3D Mask sehingga kamu dapat merekam diri sendiri tanpa harus menunjukkan wajah asli kamu. Sempurna untuk mereka yang baru saja basah dan kurang percaya diri. Dimungkinkan untuk menggunakan SplitCam di Windows 10 dalam mode 32-bit atau 64-bit.

7. BandiCam

Gamer akan menghargai aplikasi game-centric Bandi Cam. Pasalnya, kamu bisa merekam gameplay dan mengunggahnya ke YouTube atau Twitch. Sebagai bonus tambahan, Bandicam adalah aplikasi ringan dengan fitur yang mudah digunakan seperti penghitung kecepatan bingkai dan dukungan untuk beberapa codec.

File output MP4 dan AVI didukung oleh Bandicam, yang dapat diinstal pada PC dan laptop berbasis Windows 7/8/10. Aplikasi dapat diunduh secara gratis, tetapi video yang dihasilkan akan menampilkan tanda air. Jika mau, kamu juga dapat membelinya seharga Rp 595.326 untuk satu PC.

Aplikasi Kamera Terbaik Untuk PC atau Laptop Windows

8. GoPlay

Pembuat konten akan membutuhkan lebih dari sekadar aplikasi webcam biasa-biasa saja untuk melakukan pekerjaan mereka. Kamu membutuhkan aplikasi webcam PC yang juga bisa disulap menjadi editor video, seperti contoh GoPlay ini.

Jangan khawatir jika kamu masih pemula, karena rekaman webcam dapat diedit dengan desain antarmuka yang sangat mudah dipahami. Kamu memiliki pilihan untuk merekam seluruh layar atau hanya area yang dipilih. Gaya gambar-dalam-gambar Youtuber Gaming memungkinkan pengguna menampilkan thumbnail dengan bebas.

Aplikasi GoPlay tersedia secara gratis, tetapi terbatas pada resolusi 720p dan hanya berdurasi 5 menit. Hanya dengan Rp 73.018 sebulan, kamu bisa mendapatkan akses ke versi Pro.

Selain durasi perekaman yang tidak terbatas dan dukungan resolusi 1080p, versi Pro ini berguna jika kamu ingin menghilangkan watermark dan menghilangkan iklan.

9. iGlasses

Beberapa aplikasi kamera dalam daftar ini umumnya untuk Windows. Jika kamu pengguna Mac, lihat iGlasses, aplikasi webcam yang akan kamu sukai. Jika kamu menggunakan iGlasses, kamu sekarang dapat menerapkan berbagai efek unik pada wajah kamu, seperti kepala alien, wajah katak, dan wajah tupai.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung pelacakan wajah dan efek 3D untuk membuat konten streaming langsung kamu semakin imersif dan unik. Setidaknya ada 50 efek yang bisa dipilih, jadi konten kamu bisa dibuat variatif mungkin. Dengan pasangan LDR, konferensi video selalu lebih menyenangkan!

Sayangnya, aplikasi ini tidak kompatibel dengan FaceTime, Photo Booth, dan juga Skype versi terbaru. Kamu dapat mencoba aplikasi ini secara gratis untuk MacOS 10.12 ke atas. Untuk saat ini, biayanya Rp 297.290 untuk membeli segera.

10. Yawcam

Mungkin kamu hanya membutuhkan aplikasi webcam laptop tanpa fitur efek sama sekali. Izinkan kami memperkenalkan kamu kepada YawCam, akronim untuk “Yet Another Webcam Software”. Semua fitur aplikasi ini mutlak diperlukan dan belum sempurna.

Contohnya termasuk fitur Upload FTP, streaming video, penjadwalan perekaman, dan beberapa fitur dasar lainnya. Oleh karena itu, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu hanya sekitar 4 MB. Dan, bahkan aplikasi ini bisa digunakan juga di OS Windows lama seperti Windows 2000 dan XP, hingga Windows 10 terbaru.

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Teknatekno seputar rekomendasi aplikasi kamera terbaik yang bisa kamu gunakan di PC atau laptop berbasis Windows 8. Kamu bisa memilih salah satu aplikasi kamera diatas sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like