Adobe Photoshop Lightroom: Aplikasi Edit Foto dengan Segudang Fitur

Teknatekno.com – Adobe Photoshop Lightroom menawarkan fasilitas mengedit foto dengan beragam fitur khusus. Bagi mereka yang terjun di dunia multimedia, sudah pasti mengenal software Lightroom ini khususnya yang terjun di dunia fotografi.

Karena kelebihan dan kemudahan fiturnya membuat Lightroom populer dan memiliki rating yang bagus untuk dipakai sebagai software editing. Apakah Teknozen sudah paham dengan aplikasi Adobe Photoshop Lightroom ini? Kalau belum, yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom atau dikenal dengan Lightroom adalah software atau aplikasi untuk manipulasi gambar sebagai pengedit foto. Software Lightroom dirancang untuk dunia fotografi. Terutama dimanfaatkan oleh para fotografer untuk melakukan retouch dan permainan gradasi warna pada foto agar lebih terlihat artistik.

Software keluaran Adobe ini mirip dengan Adobe Photoshop, perbedaannya terletak pada letak variasi dan komposisi tonal warnanya.

Kegunaan utama dari software Lightroom ini yaitu bisa melakukan import export, menyimpan, melihat, mengatur, penanda, pengedit, dan fungsi manipulasi foto lainnya. Lightroom memberikan kemudahan pengguna untuk editing pewarnaan dan pencahayaan pada gambar.

Adobe juga membuka dukungan software ini untuk versi PC (Windows dan Mac OS) maupun di perangkat mobile (Android dan iOS). Adobe Lightroom dikembangkan pada tahun 1999, oleh Mark Hamburg pengembang Photoshop.

Seorang mantan desainer interface untuk Adobe Creative Suite, Andrei Herasimchuk menghubungi Hamburg untuk mendapatkan dan bergabung dengan proyek baru. Proyek tersebut bernama “Shadowland”, yang berangkat dari banyak konvensi yang didirikan Adobe.

Kelebihan Adobe Lightroom

Banyak manfaat dan kelebihan dari aplikasi Adobe Photoshop Lightroom ini, diantaranya:

Mendukung Format File RAW

Para fotografer profesional sangat menyukai pengambilan gambar dalam format RAW. Format RAW ini akan menangkap data gambar yang telah direkam oleh sensor kamera. Lightroom memberi dukungan penuh format RAW ini, pengguna juga bisa mengimpor dan melakukan edit foto melalui smartphone.

Fasilitas Tool yang Lengkap

Adobe Lightroom memfasilitasi beragam tool untuk pengedit foto, di antaranya pengaturan kontras, highlight, vibrance, saturation, dan penambahan tekstur pada foto.

Menyediakan Cloud Storage

Kamu bisa mengakses fitur cloud storage ini kapan-pun dan di mana-pun dari device yang berbeda. Juga memberikan kemudahan impor dan ekspor preset secara mudah. Kapasitas penyimpanan cloud sebanyak 100 GB.

Fitur Pendukung Fotografi

Lightroom memiliki beragam fitur pendukung yang lebih kompleks dari pada Photoshop. Berbagai tool editing pewarnaan foto, efek noise foto, mengatur resolusi dan ukuran foto, fitur watermark dan lainnya tersedia di Lightroom.

Antarmuka yang Mudah Dipahami

Dari segi user interface (UI), Adobe Lightroom ini sangat unggul. Pengguna mudah memahami antarmuka software ini, setelah mengunduh pengguna akan diarahkan ke menu log-in atau mendaftar.

Lightroom akan memudahkan secara langsung penambahan foto yang akan diedit. Beberapa tombol dan fitur ikon tersusun rapi dan jelas sehingga sangat user friendly.

Draft Histori Ter-rekap pada Lightroom

Setelah melakukan pengeditan foto, maka Lightroom akan menyimpan file histori dan tidak menghilangkannya. Histori dalam format apa pun akan tetap ada meskipun software-nya ditutup atau komputer dimatikan.

Fitur Web Sharing

Dengan Adobe Lightroom, pengguna akan mudah dalam berbagi foto kepada banyak orang. Melalui menu share option, pengguna hanya perlu membuat album baru. Untuk menikmati fitur ini pengguna akan membayar Rp. 67K/bulan, karena termasuk premium.

Pembuat Galeri Foto

Berbeda dengan software lainnya, Lightroom memiliki kemampuan untuk membuat album galeri foto secara online. Pengguna hanya melakukan pemilihan foto dan juga album web online yang akan digunakan. Dan masih banyak lagi kelebihan dari Adobe Photoshop Lightroom ini.

Fitur Utama Adobe Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom mememiliki beberapa fitur utama, diantaranyasebagai berikut:

Photo Editing

Adobe Photoshop Lightroom akan membantu kamu melakukan edit foto di desktop, mobile, maupun online dengan hasil yang sempurna.

Fitur editing foto memberikan kemudahan untuk membuat desain warna foto, mengatur komposisi, membuat ketajaman dan sorotan, noise, kreativitas, dan menambahkan beragam efek menarik.

Photo Storage and Management

Lightroom bisa memberikan penyederhanaan pada penyimpanan foto kamu dengan fitur manajemen foto. Fasilitas penyimpanan foto online juga tersedia untuk mengatasi kehilangan file foto kamu.

Beberapa fungsi yang bisa kamu lakukan di antaranya, menyimpan dan membagikan foto online, menjelajahi gambar, menandai foto atau memberikan label foto seperti watermark, dan melakukan storage foto secara bebas dengan cloud yang tersedia di dalam software-nya.

Lightroom Presets

Dengan menggunakan fitur Lightroom Presets, kamu bisa mendapatkan manfaat filter menarik tanpa batas. Di sana kamu bisa mempelajari dan melakukan penyesuaian pengeditan foto dengan filter preset tersebut dengan menerapkannya. Jelajahi dan pelajari beragam Lightroom Presets ini.

Kamu juga bisa membuat preset Lightroom sendiri untuk dibagikan. Selain itu, kamu juga bisa mencari dan menambahkan preset terbaru yang lebih menakjubkan dari komunitas fotografer yang kamu ikuti.

Fitur Terbaru Lightroom

Berikut ini beberapa fitur terbaru dari aplikasi Adobe Photoshop Lightroom:

Control Shadows, Midtones, and Highlights

Mengontrol bayangan, midton, dan sorotan dengan penilaian warna. Mengatur tingkatan kontrol warna untuk bayangan, midtones, dan membuat sorotan pada pewarnaan gambar.

Add Graphical Watermarks

Menambahkan cap air grafis ke foto kamu. Dengan Lightroom, pengguna maupun fotografer bisa menambahkan watermark, cap logo, ataupun tanda tangan unik saat mengekspor gambar dari desktop dan seluler.

Explore a Personalized Lightroom Feed

Jelajahi umpan Lightroom yang di personalisasi dan inspirasi fotografer. Untuk mendapatkan inspirasi, pengguna bisa mengakses Learn dan Discover pada mobile maupun web. Di sana kamu bisa menampilkan tutorial, menemukan jenis editan yang disukai, dan mengikuti orang pada komunitas Lightroom.

Lightroom Automatically

Lightroom secara otomatis akan membantu memilih foto terbaik kamu. Lightroom secara langsung bisa melakukan pemilihan gambar atau foto terbaik kamu, berdasarkan saran kualitas terbaik. Pada fitur tersebut juga terdapat slide Quality Threshold untuk meng kustomisasi hasil gambar.

Support For New Cameras and Lenses

Dukungan baru untuk kamera dan lensa.

Other Feature Enhancements

Terdapat kontrol menggunakan gerakan Zoom untuk melihat detail lebih halus dan cepat. Saat mengedit gambar juga terdapat versi non-destruktif yang otomatis. Lightroom juga menyediakan panel foto untuk memudahkan navigasi pada desktop Lightroom. Dan masih banyak lagi fitur terbaru lainnya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno mengenai aplikasi Adobe Photoshop Lightroom. Untuk penggemar fotografi, kamu wajib mencoba beragam fitur yang ada di aplikasi Adobe Lightroom ini.

Fotografer profesional pun akan memilih aplikasi Lightroom ini untuk melakukan manipulasi dan edit foto dengan menggunakan fitur lengkap di dalamnya.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like