Apa itu Kepemilikan Tunggal: Mengenal Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Dalam suatu usaha pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, terutama dalam usaha kepemilikan tunggal. Apa itu kepemilikan tunggal? Kali ini Teknatekno akan membahas tentang apa itu kepemilikan tunggal besserta kelebihan dan kekurangan dari usaha jenis ini.

Apa itu Kepemilikan Tunggal

Jenis usaha atau bisnis yang paling umum dan yang paling sederhana dari semua jenis lainnya yaitu kepemilikan tunggal. Apa itu kepemilikan tunggal? Kepemilikan tunggal adalah bisnis yang dimiliki hanya oleh satu orang.

Banyak orang yang bingung, apakah ungkapan tersebut berlaku untuk bisnis yang dimiliki oleh satu orang atau satu orang yang memiliki bisnis tersebut. Hal ini mengacu pada keduanya, yaitu bisnis dan pemilik. Karena, dalam jenis usaha ini, tidak ada perbedaan hukum antara pemilik dan bisnis.

Apa itu Kepemilikan Tunggal

Untuk memahami lebih lanjut, mari kita uraikan fitur-fitur dasar dari kepemilikan tunggal.

  • Kepemilikan tunggal dimiliki dan dijalankan oleh satu orang, di mana orang tersebut sering menjalankan bisnis atas namanya sendiri.
  • Kepemilikan tunggal tidak memiliki badan hukum yang terpisah. Ini adalah perbedaan utama dari kemitraan dan korporasi.
  • Pemilik tunggal (pemilik) memiliki semua aset bisnis.
  • Pemilik tunggal juga menanggung semua risiko dan manfaat yang terkait dengannya.

Kita bisa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kepemilikan tunggal, dan dibantu dalam keputusan kita apakah akan memilih jenis usaha ini atau tidak, dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Kepemilikan Tunggal

Berikut ini adalah kelebihan atau keuntungan yang bisa kamu nikmati dari jenis usaha perseorangan.

1. Pengaturan atau Formasi yang Mudah

Kepemilikan tunggal sangat mudah dibentuk, yang kemungkinan besar menjelaskan mengapa itu adalah jenis struktur bisnis tertua yang dikenal manusia.

Penciptaan kepemilikan tunggal tidak melibatkan pembentukan formal organisasi bisnis. Ini bisa menjadi operasi satu orang, di mana kepemilikan tunggal hanya memiliki satu karyawan, yang juga merupakan pemiliknya.

  • Menyiapkan usaha ini membutuhkan sedikit dokumen atau formalitas hukum. Ini merupakan kebalikan dari perusahaan atau kemitraan, di mana kamu harus menyiapkan set dokumen dan menyerahkannya ke badan pengatur dan badan pemerintah tertentu. Bisnis bisa dibentuk hanya dengan mengajukan ke kantor lokal di kota atau wilayah kamu.
  • Tidak perlu membuat nama dagang terpisah untuk bisnis. Pemilik tunggal bisa melanjutkan untuk melakukan bisnis di bawah namanya sendiri.
  • Ada sedikit biaya awal yang terlibat. Kepemilikan tunggal juga paling murah untuk didirikan. Memang pembentukannya tidak sepenuhnya gratis, namun biaya hukum yang harus dikeluarkan (seperti izin dan lisensi) biasanya minimal.

Kesederhanaan ini adalah alasan utama mengapa individu yang mencoba terjun ke bisnis untuk pertama kalinya memilihnya. Konsultan dan profesional sering mengambil opsi ini ketika mereka ingin terjun ke bisnis sendiri.

Mereka bisa memulai dari yang kecil, sebagai cara untuk “menguji air”, sebelum mempertimbangkan untuk mengambil langkah selanjutnya dan memperluas operasi bisnis mereka. Banyak kemitraan dan korporasi bahkan perusahaan besar yang kita lihat sekarang bermula dari kepemilikan tunggal.

Ini juga memungkinkan siapa saja untuk mendirikan bisnis. Bahkan jika kamu memiliki aset atau sumber daya yang terbatas, kamu bisa memulai kepemilikan tunggal kamu sendiri, karena tidak ada jumlah minimum modal awal yang harus dipenuhi.

2. Fleksibilitas Manajemen

Jenis Usaha Kepemilikan Tunggal

Alasan mengapa banyak orang terjun ke bisnis adalah karena mereka ingin “menjadi bos bagi diri mereka sendiri”. Mereka ingin menjadi orang yang memegang kendali, memegang kendali, dan membuat semua keputusan.

  • Pemilik tunggal memiliki kekuasaan penuh atas pengambilan keputusan . Dia adalah satu-satunya yang menjalankan bisnis, jadi semua keputusan dibuat olehnya. Ini tentu saja membuat dia tidak pusing untuk mendapatkan persetujuan dewan direksi (dalam hal perusahaan) atau persetujuan dari mitra lain (dalam bisnis kemitraan). Ini juga mengurangi waktu yang biasanya dibutuhkan antara sampai pada keputusan dan mengimplementasikannya, karena ini memotong penundaan atau kebuntuan yang biasanya dihadapi dalam lingkungan birokrasi.
  • Pemilik memiliki kebijaksanaan tunggal dalam hal biaya yang dikeluarkan oleh bisnis. Bagaimanapun, dialah yang memegang dompet perusahaan, jadi terserah dia bagaimana mengalokasikan biaya dan memanfaatkan sumber daya bisnis. Ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan dalam korporasi atau kemitraan, karena biaya harus menjadi sasaran serangkaian pengawasan oleh semua mitra dan pemangku kepentingan.
  • Ini juga berarti bahwa pemilik tunggal juga hanya bisa menikmati keuntungan yang akan diperoleh bisnis dari operasinya. Dalam kemitraan, tergantung pada kesepakatan di antara para mitra mengenai bagian mereka dalam pendapatan, mereka harus membagi pendapatan bersih (setelah pajak) di antara mereka sendiri. Pemilik tunggal tidak memiliki siapa pun untuk dibagi, jadi dia bisa menikmati semua keuntungannya sendiri.
  • Fleksibilitas manajemen menghasilkan kecepatan transaksi yang lebih cepat. Respon dari pihak manajer lebih cepat dalam hal pengambilan keputusan, karena kamu bisa melakukannya sendiri. Kamu memanggil semua tembakan, sehingga kamu bisa bergerak maju, daripada harus ditahan untuk menunggu apa yang orang lain katakan tentang masalah tertentu yang terkait dengan bisnis.

3. Kurangnya Kontrol Pemerintah

Kepemilikan tunggal hanya tunduk pada beberapa peraturan. Ini sudah terlihat sejak kamu mendirikan bisnis. Perjalanan sederhana dan cepat ke kantor bisnis lokal sudah cukup untuk mendaftarkan bisnis kamu.

Kamu tidak akan diminta oleh banyak lembaga pemerintah dan pengatur untuk menyerahkan banyak dokumentasi untuk bisnis kamu, seperti halnya dengan perusahaan dan kemitraan.

Korporasi dan kemitraan diatur oleh aturan dan peraturan khusus yang harus mereka patuhi, seperti masalah yang berkaitan dengan struktur organisasi mereka dan sejenisnya. Pemilik tunggal tidak terikat oleh pedoman ini dan bisa menjalankan bisnis mereka dengan cara yang mereka anggap sesuai.

4. Keuntungan Pajak

Perpajakan adalah salah satu mata pelajaran yang sensitif ketika datang ke bisnis. Perusahaan perseorangan memiliki keuntungan karena tunduk pada prosedur perpajakan yang lebih sederhana.

Karena bukan merupakan entitas yang terpisah, maka tidak dikenakan pajak. Namun, itu tidak berarti bahwa itu benar-benar bebas dari kewajiban membayar pajak.

Dalam kemitraan atau korporasi, badan usaha harus mengajukan pengembalian pajaknya sendiri, dan pemilik-mitra atau pemegang saham harus mengajukan pengembalian pajak mereka sendiri secara terpisah untuk pendapatan yang mereka terima dari operasi bisnis.

Hal ini tidak terjadi dalam kepemilikan tunggal. Ingatlah bahwa pemilik bisnis kepemilikan tunggal tidak dianggap berbeda dari bisnis itu sendiri. Artinya mereka diperlakukan sebagai satu dan sama, sehingga hanya diperlukan satu SPT: pemilik atau pemilik tunggal.

Setiap pendapatan yang diperoleh oleh bisnis juga merupakan pendapatan yang diperoleh oleh pemiliknya. Membebani keduanya, secara terpisah, akan menjadi kasus pajak berganda.

Ini berarti bahwa kepemilikan tunggal juga mendapat keuntungan karena dikenakan tarif pajak yang lebih rendah, karena ada tarif terpisah (dan lebih tinggi) dalam hal perpajakan bisnis dan perpajakan perusahaan, dibandingkan dengan pajak penghasilan, yang menjadi tanggung jawab pemilik tunggal. untuk.

Singkatnya, hanya ada satu SPT yang akan diajukan, dan bukan merupakan persyaratan untuk melampirkan neraca bisnis sebagai dokumen pendukung SPT.

5. Jumlah Pencatatan Paling Sedikit

Pembukuan kemitraan dan perusahaan jauh lebih rumit daripada kepemilikan perseorangan. Kamu harus memelihara pembukuan terpisah untuk mitra, bisnis, dan untuk tujuan perpajakan.

Kelebihan Jenis Usaha Kepemilikan Tunggal

Tentu saja ada lebih banyak buku besar dan catatan yang harus dipelihara. Dalam kepemilikan tunggal, pencatatan sangat mudah. Bahkan, pemilik tidak perlu menggunakan jasa pembukuan atau akuntan karena dia bisa melakukannya sendiri.

Korporasi dan kemitraan diharapkan untuk menyajikan laporan keuangan formal, sehingga mereka memiliki tim keuangan untuk mengurus proses pencatatan dan pencatatan. Risalah rapat harus dibuat dengan sungguh-sungguh. Ini tidak terjadi pada jenis bisnis kepemilikan tunggal yang lebih kecil.

6. Pembubaran Mudah

Menghentikan semua operasi kepemilikan tunggal sama mudahnya dengan mendirikannya. Setelah pemilik memutuskan untuk berhenti menjalankan bisnis, dia bisa dengan mudah melakukannya. Tidak perlu melalui proses yang panjang karena bisnis tidak memiliki pendaftaran yang sangat formal yang mengikatnya.

Yang diperlukan hanyalah melunasi semua hutang dan kewajiban bisnis dan menutup semua akun. Tentu saja, kamu harus memberi tahu otoritas pajak tentang pembubaran bisnis untuk tujuan perpajakan.

Kekurangan Kepemilikan Tunggal

Sekarang saatnya untuk melihat sisi lain dari mata uang dan mempertimbangkan kerugian dari memilih struktur bisnis kepemilikan tunggal.

1. Tanggung Jawab Pribadi yang Tidak Terbatas

Korporasi, yang dianggap sebagai badan hukum terpisah dari inkorporator dan pemegang saham, menawarkan perlindungan kewajiban (sampai tingkat yang berbeda-beda) dari hutang dan tindakan bisnis.

Mereka hanya akan bertanggung jawab sejauh investasi mereka dalam saham atau kepemilikan saham dalam bisnis tersebut, dan aset pribadi mereka tetap menjadi milik mereka. Hal yang sama berlaku untuk kemitraan, khususnya LLC, atau perseroan terbatas.

Pemilik tunggal tidak memiliki perlindungan dari kewajiban, karena hutang dan kewajiban bisnis juga merupakan hutang dan kewajibannya.

Dalam hal perusahaan telah mengalami kerugian besar dan tidak bisa membayar hutangnya, kreditur bisa mengejar barang-barang pribadi pemilik, dari mobil, rumah, dan barang-barang nyata dan pribadi lainnya.

Bahkan tabungannya akan menjadi permainan yang adil bagi para kreditur dan semua orang lain yang berutang bisnis. Dengan kata lain, pemilik tunggal berisiko kehilangan hampir segalanya jika bisnis mereka tidak berhasil.

Hal yang sama berlaku ketika seseorang mengajukan kasus di pengadilan terhadap bisnis. Akibatnya, ini sama saja dengan pemilik atau pemilik tunggal yang digugat. Dalam kasus bisnis kehilangan kasus, pemilik akan bertanggung jawab secara pribadi.

2. Kehidupan Bisnis yang Tidak Pasti

Korporasi dianggap memiliki umur yang tidak terbatas, dengan konsep kelangsungan usaha yang diharapkan akan terus ada di masa mendatang, bahkan jika pendiri asli, pemegang saham, dan manajer mengundurkan diri atau bahkan mati.

Sama halnya dengan persekutuan, di mana mundurnya salah satu sekutu tidak serta merta berarti bahwa usaha itu mati. Mitra yang tersisa bisa dengan mudah membuat perjanjian kemitraan yang direvisi, tanpa mempengaruhi operasi bisnis.

Kekurangan Jenis Usaha Kepemilikan Tunggal

3. Kesulitan Meningkatkan Modal atau Memperoleh Pembiayaan

Ini dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu kelemahan terbesar dari kepemilikan tunggal. Kamu mengatur bisnis dengan tujuan menjadi satu-satunya yang memegang kendali.

Secara alami, meningkatkan modal yang kamu butuhkan sepenuhnya terserah kamu. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan perusahaan perseorangan menggunakan uang mereka sendiri ketika memulai bisnis mereka. Modal kerja bisnis akan terbatas pada dana pemilik tunggal, dan dana lain yang bisa diperoleh melalui pinjaman.

Ada kerugian tambahan dari bank, lembaga pemberi pinjaman dan pembiayaan yang lebih berhati-hati dalam memberikan pinjaman atau memberikan bantuan keuangan kepada perusahaan perseorangan.

Sumber pembiayaan ini sering melihat stabilitas bisnis sebagai kelangsungan usaha (dan kami telah menetapkan bahwa kehidupan kepemilikan tunggal tidak pasti dan rapuh) dan asetnya yang seringkali lebih sedikit daripada, korporasi atau kemitraan.

Dengan lebih banyak mitra yang menyatukan sumber daya mereka. Bank dan pemberi pinjaman melihat ini sebagai indikasi kemampuan bisnis untuk memenuhi kewajibannya dan membayar kembali kewajibannya. Dalam hal ini, kepemilikan tunggal bukanlah prospek yang menarik bagi investor dan pemberi pinjaman.

Ketika perusahaan membutuhkan dana untuk ekspansi atau proyek besar lainnya, ia bisa menerbitkan ekuitas dalam bentuk saham. Mereka juga berada dalam posisi yang lebih baik untuk memiliki jalur kredit dan lebih mudah mendapatkan pinjaman bank.

4. Pandangan Terbatas dalam Manajemen Bisnis

Ada halangan dalam memiliki kendali penuh atas manajemen bisnis. Kamu melakukan segalanya, apa yang kamu katakan berjalan, dan kamu cukup banyak membuat keputusan dalam segala hal. Ada kemungkinan lebih tinggi objektivitas kamu terganggu karena kamu adalah satu-satunya yang membuat keputusan.

Dalam sebuah kemitraan, kamu memiliki mitra untuk bertukar ide. Dalam sebuah perusahaan, kamu memiliki tim untuk bertukar pikiran. Di satu sisi, menjadi satu-satunya yang membuat keputusan adalah beban berat yang harus ditanggung.

Keberhasilan dan kegagalan bisnis semua bermuara pada kamu, jadi kecuali kamu memiliki grit yang kuat dan kamu merasa yakin bahwa kamu bisa menangani kemungkinan kegagalan, kamu mungkin ingin memikirkan kembali mendirikan kepemilikan tunggal.

5. Kurang Seperti Bisnis dalam Penampilan

Dibandingkan dengan korporasi atau persekutuan, yang merupakan badan hukum, kepemilikan tunggal sering dipandang sebagai tidak profesional atau seperti bisnis. Hal ini kemungkinan besar karena tidak menjalani prosedur kaku yang dilakukan perusahaan dan kemitraan ketika dimulai. Ini terlihat informal untuk umum.

Sulit untuk mengatakan secara langsung apakah kepemilikan tunggal adalah struktur bisnis terbaik untuk kamu mulai. Ada pertimbangan tertentu yang harus dibuat, dan analisis mendalam diperlukan.

Beberapa faktor tersebut termasuk jenis bisnis yang kamu inginkan, produk atau layanan yang akan kamu tawarkan, pasar yang kamu coba masuki, dan bahkan sumber daya yang tersedia untuk modal kamu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Teknatekno tentang apa itu kepemilikan tunggal beserta kelebihan dan kekurangan dari jenis usaha kepemilikan tunggal ini. Semoga artikel ini bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like