6 Tips Memilih SD Card yang Baik dan Berkualitas

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan beberapa tips dalam memilih SD card yang baik serta berkualitas untuk smartphone kamu. Memori merupakan komponen penting yang harus dipenuhi oleh sebuah smartphone.

Pasalnya, memori memiliki peran penting untuk menyimpan aplikasi maupun data penting yang terdapat pada ponsel. Bahkan, smartphone terbaru yang telah dibekali dengan memori internal besar juga didukung oleh slot microSD. Untuk itu, berikut cara memilih SD card atau memory card buat smartphone yang perlu kamu ketahui.

Cara Memilih SD Card Terbaik

Memilih SD card terbaik tidak hanya sebatas menentukan kapasitasnya saja. Banyak aspek lain yang juga tak boleh luput dari perhatian. Mulai dari ukuran, tipe dan kapasitasnya, kelas kecepatan, kelas performa, dan ada atau tidaknya fitur write protect tab. Berikut ini adalah langkah-langkah cara memilih SD card yang bagus:

Cara Memilih SD Card yang Bagus

1. Kenali Ukuran Memory Card Sesuai Device

Terdapat tiga jenis ukuran SD card, yaitu ukuran standar (biasanya disebut SD card), miniSD, dan microSD. Adapun perbedaan ketiganya adalah sebagai berikut:

a. SD Card

SD card memiliki ukuran 32 x 24 x 2,1 milimeter (mm) dan berat kurang lebih 2 gram. Biasanya digunakan untuk kamera, laptop, dan seterusnya.

b. MiniSD

MiniSD berukuran 21.5 x 20 x 1.4 mm. Merupakan jenis yang sudah jarang dipakai saat ini. Dahulu sering digunakan pada ponsel.

c. MicroSD

MicroSD mempunyai ukuran 15 x 11 x 1 mm. Digunakan pada smartphone, tablet, konsol gim handheld seperti Nintendo Switch, beberapa kamera, dan berbagai macam perangkat lainnya.

Perbedaan ukuran ini membuat slot SD card yang tersedia pada setiap device menjadi beragam. Untuk itu, sebelum membeli SD card, periksa dulu slot macam apa yang tersedia di perangkat kamu. Meski begitu, jika salah beli, kamu tetap bisa memakai SD card terbaik kamu dengan bantuan adapter.

Adapter adalah alat tambahan yang memungkinkan SD card yang ukurannya kecil (miniSD dan microSD) untuk masuk ke slot yang lebih besar. Misalnya adapter microSD ke miniSD dan SD, atau adapter miniSD ke SD.

2. Kenali Tipe Kapasitas SD Card

Berdasarkan sistem yang dibuat SD Association, terdapat empat tipe kapasitas SD card, yakni SD, SDHC, SDXC, dan SDUC. Masing-masing memiliki perbedaan sebagai berikut:

a. SD atau SDSC

SD atau kadang juga disebut SDSC (Secure Digital Standard Capacity) memiliki kapasitas 2 gigabytes (GB). Terdapat dalam segala ukuran.

b. SDHC

SDHC (Secure Digital High Capacity) berkapasitas 2 sampai 32 GB. Terdapat dalam segala ukuran.

Tips Memilih SD Card yang Baik dan Berkualitas

c. SDXC

SDXC (Secure Digital Extended Capacity) merupakan SD card yang berkapasitas 32 GB sampai 2 terabytes (TB). Hanya terdapat dalam ukuran SD dan microSD.

d. SDUC

SDUC (Secure Digital Ultra Capacity) mempunyai kapasitas 2 sampai 128 TB. Hanya terdapat dalam ukuran SD dan microSD.

Kode-kode di atas selalu tertulis di bodi SD card terbaik sehingga kamu tidak perlu bingung. Lagipula, kode ini sebenarnya tidak perlu dihapal karena kapasitas SD card juga selalu tertulis secara spesifik pada kemasan maupun bodinya.

Meski begitu, beberapa device mungkin tidak mendukung semua tipe kapasitas. Karena itu, tidak ada salahnya kamu pastikan lagi kompabilitas kartu memori pada device kamu.

3. Sesuaikan Kelas Kecepatannya dengan Jenis Device

Kelas kecepatan menunjukkan kecepatan SD card terbaik dalam menulis data. SD Association membaginya ke dalam tiga tipe kelas kecepatan, yaitu Speed Class yang ditandai dengan huruf “C”, UHS (Ultra-High Speed) Class yang ditandai dengan huruf “U”, dan Video Speed Class yang ditandai dengan huruf “V”.

a. Speed Class

Speed Class mengukur kecepatan penulisan minimum SD card. Terbagi ke dalam empat tingkat, C2 dengan kecepatan minimum 2 megabytes (MB) per detik, C4 di 4 MB per detik, C6 di 6 MB per detik, dan C10 di 10 MB per detik.

b. UHS Class

UHS Class mengukur kecepatan penulisan minimum dari SD card yang berkemampuan ultra-high speed. Terbagi ke dalam dua tingkat, yakni U1 dengan kecepatan 10 MB per detik, dan U3 dengan kecepatan 30 MB per detik.

c. Video Speed Class

Video Speed Class adalah standar kecepatan penulisan minimun yang dioptimasi untuk perekaman video pada resolusi tinggi, seperti 4K dan 8K. Terbagi ke dalam lima tingkatan. Dimulai dari V6 di kecepatan 6 MB per detik, V10 di 10 MB per detik, V30 di 30 MB per detik, V60 di 60 MB per detik, dan yang tercepat V90 di 90 MB per detik.

Kamu perlu menyesuaikan kelas kecepatan SD card terbaik dengan preferensi device kamu. Selain itu, karena kecepatan baca akan selalu lebih tinggi dari kecepatan tulis, kamu perlu teliti dalam mempelajari tiap produk agar tidak tertukar memahami keduanya dan berakhir membeli SD card yang lambat saat menulis file baru.

Tips Memilih SD Card Terbaik

4. Periksa Kelas Performa Khusus MicroSD

Khusus untuk microSD, selain kelas kecepatan, terdapat juga kelas performa, yakni pengukuran performa microSD dalam menjalankan aplikasi dengan mengukur kecepatan baca-tulisnya, baik secara acak maupun sekuens.

Kelas performa diukur dalam IOPS (input/output operations per second). Semakin tinggi IOPS-nya, semakin kencang pengoperasian aplikasi.

SD Association membagi kelas performa ke dalam dua tingkat, yaitu:

    • A1 memiliki kecepatan baca acak 1500 IOPS dan tulis acak 500 IOPS.
    • A2 baca acaknya sebesar 4.000 IOPS dan tulisnya 2.000 IOPS. A2 merupakan kelas performa tercepat untuk saat ini.

Karena berkaitan dengan pengoperasian aplikasi, kelas performa hanya penting diperhatikan jika kamu membeli microSD untuk device yang menjalankan aplikasi, seperti smartphone dan tablet. Sedangkan untuk device yang tidak menjalankan aplikasi seperti kamera, kelas performa bisa kamu abaikan.

5. Perhatikan Fitur Write Protection Pada SD Card Ukuran Standar

SD card terbaik ukuran standar banyak yang dibekali fitur write protection. Ketika diaktifkan, fitur ini berfungsi mengubah SD card menjadi read-only, tidak bisa dipakai untuk menulis file baru, maupun menghapus file yang sudah ada. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi data agar tidak terhapus ketika SD card berpindah device.

Pada SD card terbaik yang memiliki fitur ini, terdapat slider berwarna putih di sisi kiri bodi yang bisa didorong ke atas atau ke bawah. Fitur write protection akan aktif ketika slider didorong ke bawah. Jadi, untuk kamu yang baru beli SD card dan tidak bisa membuat file baru, kamu bisa cek apakah fitur ini sedang dalam posisi aktif atau tidak.

6. Pertimbangkan High Endurance Pada SD Card

Bila kamu bertanya-tanya SD card terbaik untuk kamera pengawas seperti CCTV, nanny cam, dashcam, dan sejenisnya, maka jawaban yang paling tepat adalah high endurance SD card.

Dibanding SD card biasa, performa high endurance SD card lebih tangguh. Selain itu, SD card terbaik jenis ini mampu merekam video hingga 5.000 sampai 10.000 jam dalam kualitas high definition (HD).

SD card high endurance bisa beroperasi dengan lancar meski berada dalam lingkungan keras. Selain kedap air, ia juga tahan panas dan guncangan serta sinar x-ray. Apa pun kondisinya, selama kamera masih bekerja, SD card tidak akan berhenti beroperasi. kamu tidak akan kehilangan potongan rekaman yang berharga.

Kesimpulan

Demikian tips dari Teknatekno dalam memilih SD Card yang baik dan berkualitas. Dengan memperhatikan tips-tips diatas, bisa dipastikan kamu tidak akan salah pilih SD Card yang baik untuk ponsel kamu. Selamat mencoba!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like