Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan Mudah

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kali ini Teknatekno akan memberikan kamu beberapa tips atau cara untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop. Lambatnya kinerja komputer atau laptop sangat berhubungan dengan spesifikasi yang dimilikinya. Tetapi itu bukanlah alasan mutlaknya.

Ada beberapa alasan lain yang bisa menyebabkan kinerja personal computer (PC) atau laptop berjalan lambat meskipun laptop tersebut didukung dengan spesifikasi mumpuni. Sehingga kita harus melakukan beberapa cara untuk mempercepat kinerja komputer.

Tips Mempercepat Kinerja Komputer

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop yang kamu miliki:

Tips Mempercepat Kinerja Komputer
Tips Mempercepat Kinerja Komputer (Sumber: Aramyan via Canva)

1. Uninstall Program yang Tidak Kamu Pakai

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini untuk uninstall atau menghapus program yang tidak kamu gunakan tersebut:

    • Di bagian Start, silahkan klik kanan kemudian pilih Control Panel.
    • Setelah itu pilih Uninstall Program.
    • Silakan kamu pilih program atau aplikasi yang tidak terpakai lalu uninstall program tersebut.

2. Perbesar Kapasitas RAM

Cara untuk mempercepat kerja komputer dapat dilakukan dengan cara memperbesar kapasistas RAM komputer atau laptop. Terdapat dua cara yang bisa kamu manfaatkan untuk memperbesar kapasitas RAM laptop.

Kamu bisa membongkarnya terlebih dahulu lalu pasang RAM baru. Atau kamu juga bisa mematikan program yang sedang berjalan, nantinya secara otomatis kapasitas RAMnya akan bertambah.

3. Memperbesar Ruang Hard Disk

Selain memperbesar kapasitas RAM, kamu juga bisa memperbesar ruang harddisk. Memperbesar hard disk juga bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara membongkar PC atau menghapus beberapa file yang sudah tidak digunakan agar kondisi harddisk makin longgar.

Jangan biarkan RAM ataupun harddisk dalam keadaan terisi hampir penuh. Ada baiknya harddisk atau RAM cukup digunakan sebesar 50 persen saja. Kamu bisa mengecek di taks manager seberapa banyak harddisk atau RAM yang sudah terpakai.

Saat kamu mengoperasikan komputer, kemungkinan ada banyak program yang berjalan di start up sehingga mengganggu kinerja komputer kamu. Jangan khawatir, kamu bisa menonaktifkan start up tersebut dengan cara:

    • Buka menu task manager dengan cara menekan 3 tombol secara bersamaan yang terdapat pada keyboard yaitu Ctrl+Shift+Esc.
    • Setelah itu, klik tulisan pada tab start up, nantinya kamu akan melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di komputer atau laptop kamu.
    • Lalu, klik kanan dan tekan disable pada program yang tidak kamu gunakan.
Nonaktifkan Program Start Up di Komputer
Nonaktifkan Program Start Up di Komputer (Sumber: Vgajic via Canva)

5. Aktifkan Hibernate Mode

Sebenarnya, fungsi hibernate mode adalah untuk menyimpan semua file yang sudah tersimpan dalam komputer kamu. Kamu bisa mengaktifkan mode hibernate tersebut dengan cara berikut ini:

    • Tekan tombol windows + i pada keyboard kamu lalu tekan system.
    • Kemudian Pilih Power & sleep -> Additional Power Setting -> Power Options.
    • Setelah itu klik “choose what the power buttons do, kemudian klik change settings that are currently unavalaibe.
    • Terakhir, aktifkan hibernate mode pada komputer atau laptop kamu.

6. Hapus File Sementara di Recycle Bin

Saat kamu menghapus file atau data dari penyimpanan, sebenarnya file yang kamu hapus tersebut tidak langsung terhapus secara permanen. Akan tetapi file tersebut hanya dipindahkan ke recycle bin.

Agar mempercepat kinerja komputer kamu, sebaiknya hapus file yang terdapat di recycle bin. Namun sebelum itu, pastikan tidak ada file yang akan kamu butuhkan lagi. Sebab file akan terhapus secara permanen. Berikut ini cara menghapus file di recycle bin:

    • Buka recycle bin.
    • Tekan ctrl+A, lalu hapus.

7. Gunakan Virtual Memory

Virtual memory sangat berguna pada komputer atau laptop kamu, meskipun nilainya tidak sebanding dan sebesar RAM, tapi virtual memori juga bisa membantu kinerja yang ada pada komputer dan laptop kamu. Kamu bisa mengetahui seberapa besar virtual memory yang digunakan. Caranya yaitu:

    • Buka control panel -> system and security -> system, jika ingin cepat kamu bisa menggunakan tombol windows + pause atau break.
    • Pilihlah advanced system settings.
    • Lalu klik Setting di menu Performance.
    • Lalu pindah lagi pada menu Tab Advance lalu pilih Change pilih Virtual Memory.
    • Untuk check kamu bisa memilih menu Automatically manage paging file sie for all driver
    • Klik Set kemudian klik OK.
Disk Clean Up Untuk Menghapus File
Disk Clean Up Untuk Menghapus File (Sumber: Thodonal via Canva)

8. Disk Clean Up Untuk Menghapus File

Gunakanlah disk clean up utnuk menghapus file sementara yang ada di drive komputer atau laptop kamu. Kamu bisa mengoperasikan disk clean up dengan cara:

    • Klik kanan pada driver yang akan kamu bersihkan.
    • Klik properties.
    • Lalu klik disk clean up.

9. Hapus Gadget yang Tidak Penting

Mengaplikasikan berbagai macam gadget bisa menyebabkan komputer atau laptop kamu lambat dalam pengoperasiannya. Maka dari itu, kamu perlu menghapus gadget yang tidak kamu perlukan dan butuhkan.

10. Gunakan Antivirus

Silahkan kamu pilih salah satu antivirus yang menurut kamu terbaik. Installah pada komputer kamu. Selain melindungi komputer dari virus, antivirus juga bisa mempercepat kinerja komputer.

Namun, bisa saja sebaliknya. Apalagi jika antivirus yang kamu gunakan cara kerjanya berat. Maka akan buat komputer malah jadi lemot. Jadi pilihlah antivirus yang tepat.

11. Nonaktifkan Efek dan Animasi

Kamu juga bisa percepat kinerja laptop kamu dengan menonaktifkan efek dan animasi. Pada komputer baru memang tidak terlalu berdampak, tapi pada komputer lama efeknya akan luar biasa bila kamu aktifkan. Caranya yaitu:

    • Pada Start menu, klik kanan lalu pilih System.
    • Klik ‘Advanced system settings’.
    • Pilih ‘Perfromance Settings’.
    • Pada bagian tab ‘Visual Effects’, pilih ‘Adjust fot best perfamance’.
Uninstall Bloatware
Uninstall Bloatware (Sumber: StockSnap via Canva)

12. Uninstall Bloatware

Ada beberapa program bawaan yang tidak penting dan memperberat kinerja komputer. Maka untuk itu tidak ada salahnya bila kamu hapus. Caranya adalah:

    • Pada menu Start, klik kanan lalu pilihan Control Panel.
    • Pada bagian ini, pilihlah Programs -> Programs and Features.
    • Silakan kamu cari bloatware yang tidak kamu butuhkan lalu unistal.

13. Nonaktifkan Search Indexing

Search Indexing memang mempermudah kita dalam melakukan pencarian cepat di Windows 10. Tetapi fitur ini juga memperberat kinerja komputer, jadi lebih baik bila dinonaktifkan. Berikut ini caranya:

    • Pada Start menu, klik kanan lalu pilih ‘Computer Management’.
    • Pada bagian ‘Services and Aplications’ kli dua kali lalu pilih ‘Services’.
    • Temukan ‘Windows Search’ dan klik dua kali.
    • Setelah itu akan muncul pop up, klik ‘Startup type’ dan pilih disable lalu Oke.

14. Hapus Extension di Browser

Ekstensi berfungsi untuk menambah fitur yang ada di browser. Tetapi bertambahnya fitur berarti menambah kinerja. Untuk itu jika memang tidak terlalu penting, sebaiknya kamu hapus saja.

15. Gunakan Tune Up

Terakhir, tidak ada salahnya kamu gunakan tune up untuk mengidentifikasinya kesehatan laptop atau komputer kamu. secara otomatis, program juga akan memberikan rekomendasi untuk mempercepat kinerja komputer atau laptop.

Kesimpulan

Perlu diingat, bahwa kinerja komputer akan menurun seiring bertambahnya usia dan penggunaan. Oleh karena itu, perawatan dan optimasi yang tepat sangat penting untuk mempertahankan kinerja komputer kamu.

Demikianlah beberapa tips dari Teknatekno mengenai cara mempercepat kinerja komputer atau laptop yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like