Kamera Mirip iPhone! Berikut Spesifikasi dan Harga Realme C31

Teknatekno.com – Realme Indonesia telah memperkenalkan produk terbarunya di segmen entry-level yang diberi nama Realme C31. Ponsel ini menjadi penerus Realme C21 yang telah dirilis tahun lalu.

Menjadi salah satu produk Realme termurah, harga Realme C31 di Indonesia resmi dibanderol sekitar Rp 1 jutaan. Dengan harganya yang murah, tentu spesifikasinya cukup sederhana.

Spesifikasi dan harga ponsel ini secara resmi diumumkan di Indonesia pada 24 Maret lalu. Di website resmi Realme Indonesia, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 1.599.000 untuk versi 3/32GB dan Rp 1.799.000 untuk versi 4/64GB. Adapun spesifikasinya, yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Spesifikasi Realme C31

Berikut ini spesifikasi dari Realme C31:

Desain dan Layar

Handphone kelas entry-level ini memiliki ketebalan 8.4 mm. Jauh lebih tipis ketimbang pendahulunya. Sehingga membuat ponsel terlihat lebih manis dan memanjakan mata.

Namun, seperti HP Android murah lainnya, ponsel ini pun juga dilapisi dengan material plastik. Baik bagian kerangka maupun body belakang. Sehingga membuat perangkat mudah kotor akibat sidik jari dan noda lainnya.

Perusahaan menanamkan layar IPS LCD dengan lebar 6.5 inci. Kamu tak akan menemukan refresh rate maupun grafis berkualitas tinggi. Mengingat ponsel ini merupakan ponsel entry-level. Sehingga, dalam hal spesifikasi, tentu banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan HP kelas menengah.

Performa dan Chipset

Bagian performa menjadi salah satu yang sering diperhatikan calon pembeli di Indonesia. Dan kamu tenang aja. Ponsel anyar ini dibekali penyimpanan yang terbilang besar.

Mengutip situs resmi Realme Indonesia, perusahaan menawarkan dua pilihan penyimpanan. Yakni RAM 3GB dengan penyimpanan internal 32GB. Serta RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, ya.

Di sisi dapur pacu, HP Realme terbaru ini mengandalkan chipset terbaru dari Unisoc. Yakni seri Unisoc T612. Seperti SoC terkini lainnya, Unisoc T612 didukung CPU octa-core dengan GPU Mali-G57. Jadi, untuk pemakaian rendah dan aktivitas sehari-hari, ponsel ini menawarkan performa yang lancar dan anti lemot.

Kamera

Akhirnya, Realme berani menawarkan HP entry-level dengan konfigurasi tiga kamera belakang. Memang, sudah ada sejumlah brand yang menawarkan hal serupa. Tapi, biasanya dengan resolusi yang kecil.

Nah, pada Realme C31, perusahaan menanamkan tiga kamera belakang dengan resolusi yang terbilang besar. Masing-masing memiliki kemampuan 13MP kamera utama yang menggunakan lensa wide, 2MP lensa makro, serta 0.3MP sensor kedalaman.

Sementara itu, kamera depan dibungkus notch berbentuk tetesan air yang terletak di tengah. Kamera ini memiliki kemampuan 5MP. Sayang, perusahaan lupa menambahkan fitur-fitur fotografi maupun perekaman video di bagian ini. Sehingga, penulis masih belum mengetahui kualitas serta hasilnya.

Detail Spesifikasi Realme C31

 

Detail Spesifikasi Realme C31

Umum
Tahun Rilis : 2022
Jaringan : 2G, 3G, 4G
SIM Card : Dual SIM (Slot Khusus)
eSIM : Tidak
Body
Dimensi : 164.7 x 76.2 x 8.4 mm
Berat : 197 gram
Ketahanan : –
Warna : Light Silver, Dark Green
Fitur Lainnya : –
Layar
Jenis : IPS LCD
Ukuran : 6.5 inci
Refresh Rate : 60 Hz
Resolusi : 720 x 1600 piksel
Rasio : 20:9
Kerapatan : 270 ppi
Proteksi : –
Fitur Lainnya : –
Hardware
Chipset : UNISOC Tiger T612
CPU : Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
GPU : Mali-G57
Memori
RAM : 3 GB, 4 GB
Memori Internal : 32 GB, 64 GB
Memori Eksternal : Ada (Slot Khusus)
Kamera Utama
Jumlah Kamera : 3
Konfigurasi :
13 MP (wide), f/2.2
2 MP (macro), f/2.2
2 MP (monochrome), f/2.4
Fitur : PDAF, LED flash, HDR, panorama, Video: 1080p@30fps
Kamera Depan
Jumlah Kamera : 1
Konfigurasi : 5 MP (wide), f/2.0
Fitur : Video: 720p@30fps
Konektivitas
WLan : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth : 5.0, A2DP, LE
Infrared : Tidak Ada
NFC : Tidak Ada
GPS : GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
USB : microUSB 2.0, USB On-The-Go
Baterai
Jenis : Li-Po
Kapasitas : 5000 mAh
Fitur : –
Fitur
OS (Saat Rilis) : Android 11, Realme UI 2.0
Sensor : Fingerprint (belakang), akselerometer, proksimitas
Jack 3.5mm : Ada
Fitur Lainnya : Sertifikasi keandalan tinggi TUV Rheinland
Fitur Unggulan
  • Bodi bertekstur, awet hingga 3 tahun pemakaian
  • Triple slot, dua kartu SIM plus satu kartu microSD
  • Performa tangguh berkat SoC UNISOC Tiger T612
  • Konfigurasi tiga kamera belakang
  • Baterai 5000 mAh, awet seharian

Harga Realme C31

Ponsel ini resmi hadir di Indonesia dengan dua varian penyimpanan memori, yaitu 3/32GB dan 4/64GB. Berikut detail harga berdasarkan penyimpanannya:

  • Penyimpanan 3/32GB : Rp 1.599.000
  • Penyimpanan 4/64GB : Rp 1.799.000

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai spesifikasi dan harga Realme C31 yang memiliki performa tinggi namun harganya masih bisa kita jangkau dan terbilang murah, yaitu sekitar Rp 1 jutaan.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like