Apa itu Audius? Streaming Musik di Dunia Kripto

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Yuk kita kenalan lebih dalam dengan kripto Audius. Apa itu Audius? Audius adalah aplikasi streaming musik terenkripsi yang mengembalikan kekuatan artis.

Di era teknologi sekarang ini, layanan streaming musik sudah memiliki 400 juta lebih pelanggan di seluruh dunia. Bahkan di antara mereka, ada yang berhasil meraup pendapatan lebih dari $13 miliar tahun lalu.

Namun kritikus industri mengklaim, bahwa penyanyi di layanan streaming musik tersebut diberi kompensasi yang tidak adil jika diukur dari pekerjaan mereka. Karena isu itulah, Audius hadir untuk membantu para musisi, terutama musisi kecil yang menerima kesenjangan tersebut.

Lalu, apa yang membuat proyek ini sangat berbeda dari platform streaming musik lainnya? Mari kita bahas tentang apa itu Audius, beserta cara kerja dan kelebihan dari kripto ini.

Mengenal Apa itu Audius

Didirikan pada tahun 2018, Audius adalah layanan streaming musik terdesentralisasi dengan komponen media sosial. Audius hadir dalam bentuk protokol streaming musik bertenaga crypto yang bertujuan untuk memberi artis lebih banyak pendapatan dari crypto.

Audius juga memungkinkan para artis terhubung langsung dengan penggemar. Audius juga merupakan salah satu aplikasi crypto non-keuangan terbesar yang dijalankan oleh komunitas seniman, penggemar, serta pengembang sumber terbuka.

Pada tingkat teknis, ini adalah protokol blockchain yang memungkinkan seniman menghasilkan catatan waktu bersama stempel waktu untuk karya kreatif mereka. Karya tersebut kemudian diamankan oleh jaringan operator node yang terdesentralisasi.

Awalnya, Audius dibangun di POA Network, sidechain dari Ethereum. Namun kemudian, Audius dipindahkan sebagian layanannya ke blockchain Solana.

Pengembang bisa membangun aplikasi mereka sendiri di atas Audius, penggemar juga bisa memberi mereka akses ke katalog audio yang unik. Audius meluncurkan layanan mainnetnya pada Oktober 2020 dengan konser streaming langsung yang menampilkan deadmau5 dan RAC.

Namun yang membuat Audius unik, tidak seperti kebanyakan proyek blockchain lainnya, Audius berhasil hadir tanpa mengalami masalah karena terlalu teknis sehingga siapa pun yang tidak menyukai crypto secara otomatis akan meninggalkan inovasi ini.

“Pengguna tidak akan menggunakan barang-barang kami, jika mereka jauh lebih sulit digunakan daripada Google, Facebook, SoundCloud, Steam, atau apa pun itu,” kata salah satu pendiri Audius, Roneil Rumburg, ketika wawancaranya bersama tim Decrypt pada 2019 silam.

Mengenal Apa itu AudiusMengenal Apa itu Audius

Cara Kerja Audius

Platform ini berfungsi seperti koperasi musik, dengan insentif penyelarasan token di tiga kelompok konstituen yang membuat jaringan berfungsi sebagai operator node, artis, dan penggemar.

Karena Audius didasarkan pada blockchain, ia beroperasi melalui jaringan node terdesentralisasi yang membuat konten (content nodes) dan mengindeks konten itu sendiri (discovery nodes). Dan tentu saja, sebagai proyek blockchain, Audius hadir dengan cryptocurrency.

Jaringan Audius didukung oleh token ERC-20 Audius (AUDIO) berbasis Ethereum, yang melayani tiga fungsi:

  • Keamanan jaringan : Operator node mempertaruhkan token untuk menjalankan node dan, sebagai imbalannya, mendapatkan hadiah dari jaringan.
  • Fitur eksklusif : Ortis mendapatkan fitur premium dengan mempertaruhkan token, seperti menampilkan koleksi kripto NFT di situs​.
  • Governance : Token yang dipertaruhkan diperlukan untuk memberikan suara pada setiap dan semua proposal, yang membuat perubahan pada kode dan jaringan secara keseluruhan.

Tetapi tidak ada pengetahuan tentang blockchain atau crypto yang benar-benar diperlukan untuk berpartisipasi dalam Audius, itulah alasan di balik pernyataan “Mengapa Audius bisa populer, bahkan di antara mereka yang bukan komunitas crypto dan tidak mengetahui crypto sekalipun.”

Platform secara otomatis memberikan penghargaan pada mereka yang memiliki pencapaian tertentu dengan hadiah token mereka sendiri, yang bernama AUDIO.

Penghargaan tersebut di antaranya: 5 trek tren mingguan teratas, 5 trek trending teratas, 5 daftar putar trending teratas, 10 aplikasi API teratas, atau unggahan oleh mereka yang memiliki akun Twitter atau Instagram terverifikasi.

Kadang-kadang, protokol juga mengirimkan sejumlah besar token AUDIO berdasarkan formula yang memperhitungkan tidak hanya jumlah pendengar, tetapi juga tingkat keterlibatan sosial yang telah ditampilkan artis.

Pada Oktober 2020, layanan mendistribusikan total 50 juta token AUDIO antara 10.000 artis dan pengguna di platform. Protokol belum menyusun kebijakan monetisasi yang lebih teratur dan konsisten yang konsisten dengan rencananya untuk mendistribusikan 90% dari pasokan token kepada artisnya.

Sementara itu, token AUDIO sudah terdaftar dan bisa diperdagangkan untuk crypto lain di sejumlah bursa termasuk Binance, FTX, Gate.io dan, pertukaran terdesentralisasi (DEX) Uniswap.

Kelebihan Kripto Audius

Setelah mengenal apa itu Audius, selanjutnya kita bahas kelebihan dari cryptocurrency yang satu ini. Audius berbeda dari layanan streaming musik lainnya karena berbasis blockchain.

Artis bisa mengunggah trek mereka tanpa biaya dan pengguna bisa mendengarkannya secara gratis. Kemudian, semua orang mendapatkan uang digital, cryptocurrency.

Model pengaturan layanan streaming musik bersama adalah aspek unik yang juga didukung oleh blockchain. Tidak ada proses pemeriksaan yang ketat jika kamu ingin memulai menjadi artis di sana. Jadi, kamu bisa langsung mengunggah lagumu sendiri.

Cukup klik “Unggah Lagu” setelah mendaftar secara gratis, dan jatuhkan file musik dan karya senimu. Ini menawarkan streaming pada 320kbps, sebanding dengan Spotify dan Google Play Music, meskipun tidak memenuhi standar 24bit dari Tidal HiFi dan Amazon Music HD.

Karena konten Audius didistribusikan di seluruh node terdesentralisasi, perlindungan hak cipta tidak bisa diterapkan saat ini. Namun protokol tersebut saat ini sedang mengembangkan sistem arbitrase yang terdiri dari anggota komunitas yang akan memutuskan apakah akan menghapus konten tertentu.

Kurangnya kontrol terpusat pada Audius juga berarti menyediakan tempat yang aman bagi seniman dari rezim yang menindas yang menggunakan musik sebagai sarana perbedaan pendapat dan protes.

Banyak artis terkenal memperlakukan Audius sebagai tempat untuk bereksperimen atau berbagi lagu yang tidak akan ada di platform lain seperti karya yang sedang dalam proses (“WIP”), ketukan akhir pekan, set berdurasi panjang, atau bahkan konten yang lebih beragam dari apa mereka merasa nyaman menempatkan di tempat lain.

Kelebihan Kripto Audius

Apa yang Bisa Didengarkan di Audius?

Pada intinya, Audius ini merupakan platform indie sebagian besarnya. Tapi artis label besar juga tentu akan diterima. Saat ini aja, sudah ada lebih dari 100.000 artis di Audius, termasuk nama-nama yang relatif terkenal seperti Skrillex, Weezer, deadmau5, Russ, Mike Shinoda, Diplo, Madeintyo, Odesza, Disclosure, Alina Baraz, dan Wuki.

Umumnya, artis memulai dengan satu atau dua lagu dan kemudian berkembang saat mereka mendapatkan feedback positif dari penggemar di platform tersebut. Beberapa nama besar seperti Mr. Carmack mengunggah sebagian besar konten sejarah mereka, dengan konsisten membuat 169 lagu, tanpa peduli dengan itu semua.

Fitur lain dari Audius yang biasanya tidak umum di industri musik adalah kolaborasi artis-penggemar melalui kompetisi remix, yang menghasilkan lebih banyak trek eksperimental untuk dinikmati.

Masa Depan Kripto Audius

Pada bulan Agustus tahun 2021, proyek ini terpilih sebagai salah satu mitra TikTok karena fungsionalitas Sound Kit-nya yang memukau. Hal ini kemudian memungkinkan Audius mentransfer lagu ke platformnya.

Ada lebih dari 75 persen pengguna TikTok di Amerika Serikat, mengatakan bahwa mereka menggunakan Audius sebagai sarana untuk menemukan musik baru serta komunitas baru berbasis pengguna global secara keseluruhan dengan jumlah pasar yang lebih besar, atau perkiraan 730 juta.

Kemitraan baru-baru ini dengan TikTok dapat membuat protokol menjadi lebih menarik bagi artis mapan yang ingin terpapar viralitas gila TikTok.

Salah satu pendiri Audius, Rumburg, telah mengkonfirmasi bahwa protokol Audius sedang mengerjakan lebih banyak terobosan menarik yang mirip dengan kerjasamanya bersama TikTok.

Kesimpulan

Audius adalah platform layanan streaming musik terdesentralisasi dengan komponen media sosial. Platform ini berfungsi seperti koperasi musik, dengan insentif penyelarasan token di tiga kelompok konstituen yang membuat jaringan berfungsi sebagai operator node, artis, dan penggemar.

Banyak artis terkenal memperlakukan Audius sebagai tempat untuk bereksperimen atau berbagi lagu yang tidak akan ada di platform lain. Sudah ada lebih dari 100.000 artis di Audius.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like