Perpetual Protocol (PERP), Aset Kripto Milik Platform DEX

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Yuk kita kenalan dengan salah satu cryptocurrency bernama Perpetual Protocol (PERP). Perpetual Protocol (PERP) adalah platform perdagangan leverage terdesentralisasi untuk crypto seperti Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Platform ini menawarkan perdagangan yang sepenuhnya terdesentralisasi dengan leverage hingga 10x. Token PERP adalah token platform, saat ini diperdagangkan pada $4,3 dengan kapitalisasi pasar $320 juta. Pasokan yang beredar 75 juta dengan suplai maksimal 150 juta.

Aplikasi Perpetual Protocol adalah aplikasi terdesentralisasi (DApp) yang memfasilitasi perdagangan menggunakan kontrak pintar dan dompet terdesentralisasi.

Trader dapat menyetor Ethereum atau stablecoin dan memperdagangkan kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar menggunakan dompet seperti MetaMask. Trader membeli kontrak perpetual yang tidak pernah kedaluwarsa sampai perdagangan ditutup, oleh karena itu dinamakan perpetual.

Perpetual Protocol tidaklah gratis. Pengguna harus membayar biaya pengambilan 0,1% dan biaya 0,09% untuk setiap perdagangan yang ditempatkan di jaringan selain biaya gas Ethereum. Biaya jaringan diselesaikan dalam ETH dan stablecoin seperti DAI dan USD Coin (USDC).

Apa itu PERP dalam Crypto?

Kontrak Perpetual adalah kontrak derivatif yang digunakan dalam perdagangan berjangka. Kontrak reguler dan opsi call & put memiliki tanggal kedaluwarsa, tetapi kontrak perpetual tidak kedaluwarsa kecuali jika pedagang memilih kapan kontrak tersebut seharusnya kedaluwarsa.

Katakanlah seorang pedagang membeli 100 opsi panggilan di Bitcoin dan mereka mendapat untung tiga bulan kemudian.

Mereka dapat menjual kontrak ini dengan harga yang lebih tinggi atau mereka dapat mempertahankannya tanpa batas waktu, yaitu selama mereka mendapat untung. Jika harga bergerak melawan perdagangan mereka, mereka bisa dilikuidasi dan kontrak akan berakhir.

Perpetual futures adalah salah satu aset yang paling banyak diperdagangkan di dunia, dengan puluhan triliun volume perdagangan harian. Di ruang crypto, mereka adalah favorit dan mereka baru-baru ini melampaui aset spot dalam volume perdagangan.

Alasan utama kontrak perpetual lebih disukai oleh para pedagang adalah karena mereka membiarkan para pedagang melipatgandakan keuntungan mereka dengan leverage dan juga mempertahankannya tanpa batas waktu.

Mengenal Perpetual Protocol (PERP)

Mengenal Perpetual Protocol (PERP)

Perpetual Protocol (PERP) adalah pertukaran perdagangan leverage terdesentralisasi yang berjalan di jaringan Optimisme Ethereum. Protokol Perpetual menggunakan DApps seperti MetaMask untuk memungkinkan pengguna menyetor dana dan agunan dengan cara yang tidak dapat dipercaya.

Pedagang membutuhkan Ethereum dan stablecoin seperti xDAI atau USDC untuk mengirim jaminan untuk perdagangan leverage mereka.

Protokol ini diluncurkan pada 2019 dan diberi nama “Strike Protocol” hingga token PERP dirilis dan namanya diubah menjadi Perpetual Protocol pada musim gugur 2020.

Sistem ini bergantung pada teknologi yang disediakan oleh Ethereum untuk melakukan perdagangan menggunakan kontrak pintar dan Kode Uniswap (UNI) untuk memfasilitasi pembelian kontrak dengan cara yang tidak dapat dipercaya.

Perpetual Protocol hanya mendukung crypto dengan kapitalisasi pasar tinggi seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL), Avalanche (AVAX), Fantom (FTM), Chainlink (LINK), dan lainnya di 20 besar.

Ini adalah bagian dari strategi mereka untuk menghindari mengekspos basis pengguna mereka ke crypto yang lebih mudah berubah dan menciptakan rasa aman untuk pengguna.

Protokolnya tidak dapat dipercaya dan transparan, dengan setiap transaksi dapat diverifikasi di blockchain Ethereum menggunakan Etherscan.

Pengguna dapat melihat ketika seseorang memposting perdagangan panjang atau pendek untuk salah satu pasangan crypto yang terdaftar. Data dapat membantu mereka membuat keputusan tentang arah pasar.

Pendiri Perpetual Protocol (PERP)

Protokol Perpetual diluncurkan oleh Yenfen Weng dan Shao-Kang Lee, dua pengusaha cryptocurrency Taiwan yang sebelumnya telah meluncurkan perusahaan penggajian dan akuntansi untuk startup kripto.

Sebagian besar tim berbasis di Taiwan. Protokol Perpetual didukung oleh banyak investor bereputasi tinggi, seperti Zee Prime Capital, Multiarrows Capital, CMS Holdings, Binance Labs dan Alameda Research, mitra strategis FTX.

Dengan dukungan mereka, perusahaan menutup putaran benih yang dipimpin Multicoin Capital seharga USD 1,8 juta pada 2020.

Cara Kerja Protokol Perpetual

Protokol Perpetual bekerja mirip dengan pertukaran terpusat (CEX). Perbedaan utamanya adalah alih-alih pertukaran menyediakan likuiditas untuk keuntungan atau kerugian pengguna, uang dikumpulkan di brankas digital yang dijalankan oleh kontrak pintar dan dipicu setiap kali pengguna ingin menyetor dan menarik aset.

Protokol memiliki dua kubah utama, yaitu Kubah clearing house dan brankas agunan. Semua aset Ethereum yang disimpan dan ditarik oleh pengguna disimpan di brankas clearing house.

Di brankas agunan, sistem mengumpulkan aset agunan seperti stablecoin (yaitu xDAI, USDC) yang diambil dari mereka jika dilikuidasi di bursa.

Protokol Perpetual menggunakan kode yang dibuat oleh Uniswap, Pembuat Pasar Otomatis yang menggunakan dua pasangan aset untuk memfasilitasi pertukaran aset tersebut.

Namun, ini adalah kontrak yang diperdagangkan orang yang berarti mereka tidak membeli aset dasar (yaitu Bitcoin) dan kontrak pintar mereka hanya dirancang untuk membantu penemuan harga untuk kontrak.

Jika lebih banyak orang membuka perdagangan lama di Ethereum, harga kontrak untuk jangka panjang Ethereum akan naik.

Ini akan membuatnya lebih berharga bagi pedagang yang membeli kontrak pada tanggal yang lebih awal. Itu sebabnya sistem Perpetual Protocol dicirikan sebagai “Virtual Automated Market Maker” (vAMM).

Keunikan Perpetual Protocol (PERP)

Tujuan Protokol Perpetual adalah untuk menciptakan platform perdagangan kontrak abadi yang dapat digunakan siapa saja. Untuk melakukan itu, pengguna harus dapat berdagang dengan likuiditas yang baik dan slippage yang rendah.

Protokol Perpetual memecahkan ini dengan menggunakan solusi vAMM-nya. Protokol Perpetual tidak mengikuti model buku pesanan biasa dari pertukaran terpusat. Sebaliknya, pedagang berdagang melawan pembuat pasar otomatis virtual, yang likuiditas awalnya diatur oleh operator.

Mengenal Token PERP

Mengenal Token PERP

Token Protokol Perpetual, PERP, adalah token ERC-20 yang berjalan di mainnet Ethereum yang berfungsi sebagai token tata kelola pertukaran. Token PERP digunakan untuk tata kelola dan pemungutan suara di jaringan tempat pemegang dapat memilih proposal fitur baru di masa mendatang.

Kapitalisasi pasar Perpetual adalah $320 juta pada saat penulisan, menjadikannya salah satu bursa terdesentralisasi terbesar. Ada pasokan yang beredar 75 juta dari total pasokan 150 juta, menunjukkan bahwa 50% dari semua koin yang beredar.

Distribusi token PERP adalah sebagai berikut:

  • 8%: Likuiditas penyeimbang.
  • 19%: Investor swasta selama tahap penjualan benih dan strategis.
  • 21%: Tim dan penasihat dekat.
  • 52%: Mempertaruhkan hadiah.

Pengguna dapat mempertaruhkan token PERP mereka untuk menerima hadiah. Hadiah staking dibayarkan setelah masa tunggu enam bulan.

Ini bertentangan dengan sebagian besar koin lain yang menawarkan solusi taruhan jangka pendek, tetapi tim mengklaim itu berfungsi untuk memberi penghargaan kepada pendukung jangka panjang.

Token PERP telah terbukti bullish selama dua tahun terakhir sejak awal. Ini pertama kali mulai diperdagangkan pada $0,60 dan dihargai ke level tertinggi sepanjang masa sebesar $24 dalam satu tahun, memberikan pengembalian hampir 40x untuk investor awal.

Harga Token PERP

Berdasarkan data Coinmarketcap, Rabu, 25 Mei 2022, harga PERP adalah Rp 20.473,61 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 1.105.785.984.494.

PERP naik 0,62 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 265 dengan kapitalisasi pasar Rp 1.565.719.520.894. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 76.475.000 PERP dari maksimal suplai tidak tersedia.

Kesimpulan

Perpetual Protocol adalah pertukaran terdesentralisasi atau Decentralized Exchange (DEX) untuk futures di Ethereum dan xDai. Trader dapat melakukan long atau short dengan leverage hingga 10x pada aset yang jumlahnya terus bertambah seperti BTC, ETH, DOT, SNX, YFI, dan lainnya.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like