Apa itu Koin DAI (DAI)? Mengapa Crypto Stablecoin Ini Unik?

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tahu apa itu koin DAI (DAI)? Semakin kita mendalami dunia crypto, semakin banyak istilah-istilah yang mungkin baru kita dengar, terutama para investor pemula, salah satunya yaitu koin DAI (DAI).

Nah, untuk membantu kamu lebih memahami apa itu koin DAI (DAI), yuk simak pembahasan Teknatekno dibawah ini seputar apa itu koin DAI (DAI) dan apa yang membuat koin ini unik. Berikut penjelasannya.

Mengenal Apa itu Koin DAI (DAI)

Koin DAI (DAI) adalah stablecoin (cryptocurrency harga stabil) berbasis Ethereum yang penerbitan dan pengembangannya dikelola oleh Maker Protocol dan organisasi otonom terdesentralisasi MakerDAO.

Harga DAI dipatok lunak ke dolar AS dan dijamin oleh campuran mata uang kripto lainnya yang disimpan ke brankas kontrak pintar setiap kali DAI baru dicetak.

Penting untuk membedakan antara DAI Multi-Agunan dan DAI Jaminan Tunggal (SAI). Versi token sebelumnya yang hanya dapat dijaminkan oleh satu mata uang kripto.

SAI juga tidak mendukung Tingkat Penghematan DAI, yang memungkinkan pengguna mendapatkan penghematan dengan memegang token DAI. DAI Multi-Agunan diluncurkan pada November 2019.

Mengenal Apa itu Koin Dai (DAI)

Sejarah Koin DAI (DAI)

Salah satu fitur yang menentukan dari DAI adalah bahwa DAI tidak dibuat oleh satu orang atau sekelompok kecil pendiri. Sebaliknya, pengembangan perangkat lunak yang mendukungnya dan penerbitan token baru diatur oleh MakerDAO dan Maker Protocol.

MakerDAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi sejenis perusahaan yang menjalankan dirinya sendiri secara terdesentralisasi melalui penggunaan kontrak pintar. Perjanjian yang ditegakkan sendiri yang dinyatakan dalam kode perangkat lunak dan dieksekusi pada blockchain Ethereum.

Organisasi ini dikelola secara demokratis oleh pemegang token tata kelola Maker (MKR), yang bertindak serupa dengan saham perusahaan tradisional.

Pemegang MKR dapat memberikan suara pada keputusan penting mengenai pengembangan MakerDAO, Maker Protocol dan DAI. Dengan hak suara mereka sebanding dengan jumlah token Maker yang mereka miliki.

MakerDAO sendiri awalnya didirikan oleh pengusaha Denmark Rune Christensen pada tahun 2015. Sebelum mulai bekerja di ekosistem Maker, Christensen mempelajari biokimia dan bisnis internasional di Kopenhagen dan mendirikan perusahaan perekrutan internasional Try China.

Apa yang Membuat Koin DAI Unik?

Keunggulan utama DAI terletak pada pasak lunaknya terhadap harga dolar AS. Pasar crypto terkenal dengan volatilitasnya bahkan dengan koin terbesar dan sangat likuid seperti Bitcoin terkadang mengalami perubahan harga (naik dan turun) sebesar 10% atau lebih dalam satu hari.

Dalam keadaan ini, pedagang dan investor secara alami cenderung untuk menambahkan aset safe-haven ke portofolio mereka. Yang harga stabilnya dapat membantu mengimbangi fluktuasi pasar yang signifikan.

Salah satu jenis aset tersebut adalah stablecoin, di mana DAI adalah salah satu contohnya. Ini adalah mata uang kripto yang harganya dipatok ke aset dengan nilai yang relatif stabil paling umum mata uang fiat tradisional, seperti USD atau EUR.

Keuntungan utama lainnya dari DAI adalah fakta bahwa DAI dikelola bukan oleh perusahaan swasta. Melainkan oleh organisasi otonom yang terdesentralisasi melalui protokol perangkat lunak.

Akibatnya, semua contoh penerbitan dan pembakaran token dikelola dan dicatat secara publik oleh kontrak cerdas yang dijalankan sendiri oleh Ethereum. Membuat seluruh sistem lebih transparan dan tidak rentan terhadap korupsi.

Selain itu, proses pengembangan perangkat lunak DAI diatur dengan cara yang lebih demokratis melalui pemungutan suara langsung oleh peserta reguler ekosistem token.

Kesimpulan

Koin DAI (DAI) adalah stablecoin (cryptocurrency harga stabil) berbasis Ethereum yang penerbitan dan pengembangannya dikelola oleh Maker Protocol dan organisasi otonom terdesentralisasi MakerDAO.

Salah satu fitur yang menentukan dari DAI adalah bahwa DAI tidak dibuat oleh satu orang atau sekelompok kecil pendiri. Sebaliknya, pengembangan perangkat lunak yang mendukungnya dan penerbitan token baru diatur oleh MakerDAO dan Maker Protocol.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like