Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Karakteristik dan Tujuan

Teknatekno.com – Teknozen apakah kamu sudah tahu tentang pengertian sistem ekonomi campuran? Dengan adanya perkembangan zaman mengharuskan suatu negara untuk membentuk suatu sistem yang dapat menjawab segala tantangan dan perekonomian yang ada.

Sistem ekonomi yang menggabungkan beberapa sistem disebut dengan sistem ekonomi campuran. Sistem ini mengadopsi hal-hal yang baik dari dua sistem yang fenomenal. Pada kesempatan kali ini Teknatekno akan membahas mengenai sistem ekonomi campuran, untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat artikel di bawah ini.

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Dalam sebuah badan ekonomi, akan ada sistem pasar yang berasal dari alokasi sumber daya. Selain itu, di dalam tubuh ekonomi juga harus ada sistem perdagangan pasar bebas yang berlawanan langsung dengan intervensi pemerintah.

Rekomendasi dari hal tersebut adalah akan timbul sistem ekonomi campuran ketika pemerintah melakukan intervensi dalam mekanisme pasar bebas. Intervensi yang dilakukan pemerintah antara lain dengan menciptakan BUMN, subsidi, pajak, regulasi, dan tarif tertentu.

Karakteristik Sistem Ekonomi Campuran

Definisi lain dari sistem ekonomi campuran adalah sistem yang menggabungkan karakteristik pasar, kebijakan dan ekonomi tradisional di tempat tersebut.

Sistem ekonomi campuran mempunyai beberapa karakteristik yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi yang berada di bidang tertentu dan dianggap strategis. Hal ini dilakukan agar pemerintah dapat melindungi masyarakat dan mekanisme pasarnya.

Secara historis, sistem ekonomi campuran memiliki beberapa komponen yang dialokasikan di lembaga publik, swasta, legislatif, eksekutif, yudikatif, serta beberapa kebijakan. Namun perlu kita ketahui bahwa tidak ada seperangkat komponen ekonomi yang ideal, khas, atau standar.

Berbagai komponen yang telah dialokasikan tersebut dapat berupa subsidi pemerintah, pajak, retribusi, serta peraturan-peraturan, BUMN dan jaminan sosial seperti yang dibahas dalam buku Sistem Ekonomi Indonesia Tafsir Pancasila dan UUD 1945.

Karakteristik Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran yang dianut oleh suatu negara umumnya memiliki karakteristik. Berikut ini adalah beberapa karakteristik sistem ekonomi campuran yang perlu kamu ketahui, antara lain:

    • Pemerintah dan pihak swasta dituntut untuk selalu aktif dan juga terus bekerja sama untuk melakukan segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan perekonomian.
    • Nantinya pemerintah akan memberikan kebebasan kepada pihak swasta dalam melakukan segala bentuk kegiatan ekonomi. Akan tetapi, pemerintah akan memberikan batasan jika ada sesuatu yang mendesak dibutuhkan.
    • Kemudian pemerintah juga akan melakukan rencana, peraturan, dan kebijakan yang berkaitan dengan sistem perekonomian.
    • Persaingan yang terjadi di pasar akan tetap terjadi, namun masih dalam batas yang wajar dan bersih.
    • Dalam sistem ini, mekanisme pasar dapat menentukan jenis produk, jumlah barang yang diproduksi, dan harga jual produk yang beredar.
    • Namun demikian, pemerintah juga berhak mengatur dan mengelola semua sumber daya yang penting dan berkaitan dengan kepentingan masyarakat umum.

Sejarah Sistem Ekonomi Campuran

Secara historis, sistem ekonomi campuran diciptakan sebagai upaya uji coba akibat masalah ekonomi yang berkepanjangan. Kemudian sistem ekonomi ini berkembang dari masa ke masa.

Misalnya, pada awal penerapan sistem ekonomi ini, undang-undang jagung di Inggris memuat aturan tentang izin ekspor dan impor produk biji-bijian. Peraturan ini diberlakukan pada tahun 1800-an. Undang-undang tersebut dirancang untuk melindungi petani lokal dari produsen asing.

Kemudian pada awal tahun 1900-an, banyak ekonom dan pejabat pemerintah di negara-negara barat yang sudah maju, percaya bahwa pasar bebas adalah cara terbaik untuk meningkatkan kehidupan sosial ekonomi.

Namun, terjadinya Depresi Besar menyebabkan seluruh pasar saham dan ekonomi di seluruh dunia runtuh. Hal ini memperlihatkan kelemahan prinsip-prinsip pasar bebas.

Di Amerika Serikat, pemerintah membuat “New Deal” sebagai salah satu cara untuk mempengaruhi sistem ekonomi. Selain itu, pemerintah juga menyediakan berbagai jaring pengaman sosial bagi warga AS.

Setelah itu, sistem ini mulai diterapkan di daerah-daerah di mana pemerintah menerapkan sistem ekonomi tradisional. Namun, dalam beberapa dekade terakhir, negara-negara komunis seperti China dan Rusia telah mengambil pendekatan ekonomi yang lebih mengadopsi prinsip-prinsip kapitalis.

Tujuan Sistem Ekonomi Campuran

Tujuan Sistem Ekonomi Campuran

Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah yang bertindak sebagai pihak pengendali dan pengawas akan bekerja sama dengan pihak swasta.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar sistem ekonomi dapat berjalan dengan lancar. Campur tangan pemerintah dalam hal ini memiliki beberapa tujuan yang perlu kamu ketahui, antara lain:

    • Pemerintah akan cenderung mengawasi dan mengontrol berbagai tindakan ekonomi masyarakat bisnisnya. Sehingga hal ini dapat menghasilkan stabilitas ekonomi yang lebih terjamin Dimana dengan hal ini kita bisa lebih fokus pada peningkatan keberhasilan UKM.
    • Pemerintah akan memberikan jaminan sosial dan pemerataan pendapatan kepada masyarakatnya dalam sistem ekonomi ini. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat lebih mampu mendapatkan kestabilan ekonomi secara lebih merata.
    • Tujuan lain dari sistem ekonomi campuran adalah untuk menghindari monopoli. Sebab, pemerintah akan mengontrol dan juga mengawasi penetapan harga. Meskipun di dalamnya pemerintah melakukan kajian-kajian terkait mekanisme pasar.
    • Selanjutnya, sistem ekonomi jenis ini juga bertujuan untuk memberikan kebebasan bagi setiap pelaku usaha untuk lebih kreatif dan inovatif dalam berbisnis. Dengan begitu, banyak inovasi bisnis yang akan hadir di pasar bebas. Namun, hal itu masih di bawah kendali pemerintah.
    • Pemerintah memiliki kewenangan untuk membuat peraturan atau undang-undang. Serta kebijakan fiskal dan moneter untuk keberlangsungan ekonomi yang maju dan berkembang.
    • Hal ini bertujuan untuk menghindari masalah ekonomi seperti pengangguran dan faktor lain yang menyebabkan inflasi yang lebih tinggi.
    • Meskipun pemerintah melakukan sistem pengendalian dan pengawasan terhadap sistem perekonomian ini. Namun dalam pelaksanaannya tetap melibatkan pihak swasta juga.
    • Misalnya, menentukan batas maksimum setiap masyarakat yang akan melakukan kegiatan ekonomi dan sumber-sumber produksi yang digunakan dan diawasi oleh pemerintah.

Produksi Barang dalam Sistem Ekonomi Campuran

Negara yang menerapkan sistem ekonomi campuran tentunya dapat memproduksi atau menghasilkan semua produk, mulai dari kebutuhan pokok makanan hingga tempat tinggal.

Adapun barang lain yang hanya bisa ditemukan dalam masyarakat kapitalis adalah perhiasan yang sudah langka dan mobil mewah dengan harga yang tinggi.

Dalam sistem ekonomi campuran kamu juga bisa menemukan berbagai barang produksi yang hanya akan kamu temukan dalam sistem ekonomi sosial. Dimana memang ada beberapa barang yang digunakan untuk kepentingan bersama.

Perbedaan Sistem Ekonomi Campuran dan Sistem Ekonomi Pasar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat kegiatan sistem ekonomi pasar dalam sistem ekonomi campuran. Namun ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara kedua sistem ekonomi campuran dan sistem ekonomi pasar, antara lain:

1. Pasar

Pengaruh pemerintah terhadap perekonomian dan usaha swasta dalam pasar bebas relatif kecil atau bahkan tidak ada. Sektor swasta atau pemilik bisnis semata-mata hanya terlibat dalam keuntungan pribadi.

Selanjutnya, harga barang yang mereka sediakan juga sepenuhnya ditentukan oleh konsumen atau penawar berdasarkan permintaan pasar. Namun secara teori, perusahaan atau pemilik bisnis tidak memiliki batas kemampuan untuk mencampur ekonomi atau membentuknya.

Dalam sistem pasar bebas, setiap individu atau pemilik bisnis memiliki kendali penuh atas perekonomian dan tidak ada campur tangan pemerintah.

2. Campuran

Berbeda dengan sistem pasar bebas, dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah memiliki peran penting dalam memantau dan mengendalikan sistem ekonomi.

Pemerintah akan membuat peraturan yang akan membatasi monopoli. Artinya, bisnis dituntut untuk dapat membuat persyaratan khusus untuk keselamatan pekerjanya.

Dalam pasar bebas, bisnis beroperasi untuk keuntungan pribadi. Tetapi dalam sistem ini, mereka akan dituntut untuk menjalankan kegiatan bisnisnya dalam batas-batas yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Kelebihan Sistem Ekonomi Campuran

 

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Campuran

Kelebihan

Dalam sistem ekonomi campuran ini, pemerintah dan swasta memiliki peran yang sama dalam menjalankan kegiatan ekonomi.

Setiap sistem ekonomi yang ada di suatu negara pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini tentang kelebihan sistem ekonomi campuran:

    1. Barang dan jasa akan didistribusikan ke tempat-tempat yang paling membutuhkannya. Sehingga dapat mempengaruhi harga dan tingkat penawaran dan permintaan di pasar.
    2. Sistem ekonomi campuran dapat menguntungkan produsen produk atau produsen yang dapat menciptakan efisiensi dalam usahanya. Hal ini berarti konsumen bisa mendapatkan nilai atau pelayanan yang baik atas uang yang mereka keluarkan.
    3. Selain itu, sistem ini juga dapat mendorong inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen secara lebih efisien, kreatif dan terjangkau.
    4. Dengan sistem ini, produsen yang paling inovatif dan kreatif akan mendapatkan alokasi modal yang banyak.
    5. Kemudian sistem ekonomi campuran juga dapat meminimalisir kerugian yang berasal dari mekanisme ekonomi pasar. Hal ini karena ekonomi pasar dapat mengabaikan bidang-bidang lain seperti pertahanan, teknologi, dan kedirgantaraan. Dalam hal ini, pemerintah memegang peranan yang sangat penting dan memungkinkan mobilisasi yang cepat ke bidang-bidang yang telah diprioritaskan.
    6. Pembangunan ekonomi suatu negara cenderung bergerak lebih cepat dengan menggunakan sistem ekonomi campuran. Hal ini terjadi karena adanya persaingan bebas yang akan menciptakan banyak variasi produk yang muncul di pasaran dengan kualitas dan detail produk yang baik. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi, seperti yang dibahas dalam buku Globalisasi, Ekonomi Konstitusional, dan Novel Ekonomi.

Kekurangan

Berikut ini adalah kekurangan sistem ekonomi campuran antara lain:

    1. Jika tingkat kebebasan yang terjadi dalam mekanisme pasar terlalu besar. Maka kemungkinan besar akan membuat produsen yang kurang inovatif akan tertinggal tanpa dukungan pemerintah.
    2. Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam mengatur semua kegiatan ekonomi dibandingkan pihak swasta.
    3. Perencanaan industri terpusat yang dibuat oleh pemerintah juga dapat menimbulkan masalah. Misalnya, industri pertahanan yang memiliki sifat monopolistik. Sehingga dikhawatirkan akan meningkatkan utang pemerintah dan memperlambat laju perekonomian dalam jangka waktu yang panjang.
    4. Dengan diterapkannya sistem ekonomi ini, pihak swasta tidak dapat memaksimalkan keuntungannya. Hal ini dikarenakan adanya intervensi dari pemerintah.
    5. Meskipun pemerintah berperan aktif dalam sistem ekonomi ini, masalah ekonomi seperti inflasi dan pengangguran tidak dapat dihindari.
    6. Sistem ekonomi campuran cenderung memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang lambat dibandingkan dengan sistem ekonomi liberal.
    7. Adanya sistem pembatasan sumber-sumber produksi yang dimiliki oleh pemerintah dan swasta akan sulit ditentukan.
    8. Pemerataan pendapatan yang terwujud di lapangan akan sulit dilakukan.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian sistem ekonomi campuran adalah memberikan keleluasaan kepada para pelaku bisnis dan masyarakatnya untuk bisa melakukan usaha atau bisnis guna mendapatkan keuntungan.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian sistem ekonomi campuran, karakteristik, tujuan, produksi barang, perbedaan, kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi campuran. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like