Cara Aktifkan Layanan COD di Shopee dan Tokopedia

Teknatekno.com – Beberapa situs e-commerce saat ini menyediakan opsi cash on delivery (COD) bagi pengguna untuk melakukan pembayaran. Pengguna dapat memanfaatkan dan mengaktifkan layanan COD ini untuk melakukan pembayaran saat kurir datang. Nah, bagaimana cara mengaktifkan fitur yang tersedia untuk layanan Shopee ini?

Berikut Penjelasan Mengaktifkan Layanan COD Dari Situs Shopee

Ada dua cara untuk mengaktifkan layanan COD ini di Shopee: melalui aplikasi dan melalui pusat penjualan.

Menggunakan Aplikasi Dan Mengaktifkan Layanan COD

  • klik Toko Saya dari tab Saya.
  • Buka Layanan Pengiriman Saya dan klik informasi Anda.
  • aktifkan layanan pengiriman yang menerima pembayaran COD (J&T Express, Shopee Express, dan ID Express) – aktifkan opsi pembayaran COD, lalu klik Simpan.

Berikut penjelasan yang diambil dari situs Shopee

Melalui Seller Center

  • Di halaman beranda Seller Center, klik Pengaturan Pengiriman.
  • Di bagian Layanan Pengiriman, pilih layanan pengiriman yang ingin Anda gunakan. Pada pop-up yang terbuka, klik Konfirmasi.
  • Klik tombol panah bawah, lalu geser ke kanan pada tombol Activate COD.

Mengaktifkan Layanan COD Di Tokopedia

Layanan ini tersedia di Tokopedia untuk pembeli dan penjual.

Fitur yang Memungkinkan Pelanggan Membayar Di Tempat.

  • Cari produk yang dibutuhkan
  • Masukkan kata kunci produk yang diinginkan. Akan ada penjelasan khusus atau informasi tambahan untuk barang yang menerima layanan COD saat menentukan produknya.
  • Selanjutnya masukan alamat, pilih waktu pengiriman, dan pada metode pembayaran pilih COD (Bayar di tempat)

Fitur ini Memungkinkan Penjual Membayar Di Tempat.

  • aktifkan fitur Bayar di Tempat pada halaman Pengaturan Toko, tab Layanan.
  • Kemudian, dengan tetap berada di halaman Pengaturan Toko, aktifkan ke bagian Pengiriman dan aktifkan kurir SiCepat dan/atau Anteraja.
  • Setelah berhasil menerima pesanan, penjual akan diberikan nomor resi pemesanan yang dapat dilihat pada tab Delivery Confirmation.
  • Konfirmasi pengiriman hari berikutnya dan pencetakan label pengiriman Pastikan untuk mencetak label pengiriman dengan mengklik Cetak pesanan pada tab Konfirmasi Pengiriman.
  • Pada paket pesanan, tempelkan label pengiriman dengan barcode resi pengiriman dan jumlah uang yang dibutuhkan kurir untuk menagih pelanggan.

Karena fitur ini memiliki persyaratan unik yang bervariasi per e-niaga, pengguna harus membaca syarat dan ketentuan dengan cermat.

Kesimpulan:

Pengguna dapat memanfaatkan layanan ini untuk melakukan pembayaran saat kurir datang. Ada dua cara untuk mengaktifkan layanan COD ini di Shopee: melalui aplikasi dan melalui pusat penjualan. Layanan ini tersedia di Tokopedia untuk pembeli dan penjual. Pengguna harus mengaktifkan fitur Bayar di Tempat pada halaman Pengaturan Toko, tab Layanan.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like