Bank Indonesia Pertimbangkan Uang Digital CBDC

Teknatekno.com – Mata uang digital bank sentral atau uang digital CBDC, versi digital dari mata uang nasional yang didirikan sebagai tanggapan atas meningkatnya penerimaan mata uang kripto, akan menjadi senjata penting untuk melawan kripto, menurut Bank Sentral Indonesia.

Bank Sentral Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan rupiah digital untuk “memerangi” cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC), kata asisten gubernur Bank Indonesia Juda Agung pada sidang legislatif baru-baru ini.

“CBDC akan menjadi salah satu alat untuk melawan kripto. Kami berasumsi bahwa orang akan menganggap CBDC lebih kredibel daripada kripto. Uang digital CBDC akan menjadi bagian dari upaya untuk mengatasi penggunaan kripto dalam transaksi keuangan, ”kata Agung.

Sumber tersebut mengatakan bahwa mata uang kripto seperti Bitcoin sekarang diperdagangkan bersama komoditas berjangka dan diatur oleh kementerian perdagangan meskipun pengaruhnya sangat besar terhadap sistem keuangan.

Pengumuman ini muncul segera setelah Majelis Ulama Nasional (MUI), organisasi ulama Islam terkemuka di Indonesia, tampaknya menganggap cryptocurrency seperti Bitcoin haram, atau dilarang, sesuai prinsip Islam. Salah satu divisi MUI Jawa Timur sebelumnya menerbitkan pernyataan yang menyebut penggunaan cryptocurrency ilegal pada akhir Oktober.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, pemerintah Indonesia telah mempertahankan pendekatan campuran pada undang-undang kripto. Meskipun melarang pembayaran cryptocurrency pada tahun 2017, otoritas lokal telah memilih untuk menjaga perdagangan cryptocurrency sah.

Apa yang Dimaksud Dengan Uang Digital CBDC?

Uang digital CBDC adalah uang digital yang diterbitkan dan dikendalikan oleh bank sentral, dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk menggantikan uang tunai. Ada 3 versi CBDC.

Sedangkan rupiah digital adalah uang digital yang dikeluarkan dan peredarannya dikendalikan oleh bank sentral (BI), dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk menggantikan mata uang yang menjadi tanggung jawab bank sentral kepada pemiliknya.

Pada April 2021, Badan Pengatur Perdagangan Berjangka Komoditas Indonesia dari Kementerian Perdagangan diduga mengungkapkan niat untuk membangun pertukaran kripto yang didukung pemerintah pada paruh kedua tahun 2021.

Apa yang Dimaksud Dengan CBDC_

Sambil mempertahankan posisi beragam pada kripto, pembuat kebijakan Indonesia semakin menyadari potensi CBDC. Pada bulan Mei, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengumumkan niat untuk menetapkan rupiah digital sebagai uang tunai yang sah di Indonesia.

Uang digital CBDC seperti yuan digital China tampaknya dimaksudkan untuk membatasi adopsi cryptocurrency sebagai salah satu karakteristik utamanya. Indonesia tidak sendirian dalam meyakini bahwa CBDC dapat membantu pemerintah memerangi kripto.

Pada pertengahan November, gubernur Bank Rusia Elvira Nabiullina mengindikasikan bahwa CBDC dapat menjadi solusi yang cocok bagi pemerintah untuk menggantikan mata uang kripto yang terdesentralisasi seperti Bitcoin.

Investasi terbaik adalah investasi leher ke atas. Yuk, kembangkan bakat dan skill kamu dengan mengikuti pelajaran di WE Academy.

Kesimpulan:

Bank Sentral Indonesia sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan rupiah digital untuk “memerangi” cryptocurrency seperti Bitcoin.

Versi digital dari mata uang nasional yang dibuat sebagai tanggapan atas meningkatnya penerimaan mata uang kripto, akan menjadi senjata penting untuk melawan kripto. Uang digital CBDC seperti yuan digital China tampaknya dimaksudkan untuk membatasi adopsi cryptocurrency sebagai salah satu karakteristik utamanya.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like