12 Ide Usaha Bidang Jasa yang Paling Banyak Diminati

Teknatekno.com – Membuka bisnis atau usaha bidang jasa mungkin merupakan pilihan terbaik bagi Teknozen yang ingin memulai bisnis sendiri. Terutama jika kamu memiliki modal khusus tetapi sumber daya keuangan terbatas.

Bisnis jasa menawarkan potensi penghasilan yang sangat besar. Apalagi jika dijalankan secara online. Namun, untuk mencapai kesuksesan ini, pastikan kamu memilih bentuk bisnis yang benar di sektor jasa.

Jadi kami telah menyusun daftar perusahaan jasa yang paling menjanjikan tahun ini. Tapi, sebelum masuk ke pembahasan utama. Pertama, mari kita memahami dahulu tentang usaha bidang jasa!

Ide Usaha Bidang Jasa yang Menjanjikan

Apa itu Usaha Bidang Jasa

Usaha bidang jasa adalah jenis usaha yang menyediakan layanan atau pelayanan kepada pelanggan tanpa menghasilkan barang fisik. Ini berarti bahwa usaha ini fokus pada memberikan berbagai jenis layanan atau keahlian kepada orang atau perusahaan yang memerlukannya.

Contoh peluang bisnis di bidang jasa adalah sebagai konsultasi manajemen, perawatan kesehatan, pendidikan, layanan keuangan, perhotelan, pariwisata, reparasi, dan banyak lagi. Pentingnya usaha bidang jasa dalam perekonomian adalah karena mereka memenuhi berbagai kebutuhan dan permintaan pelanggan yang tidak selalu terkait dengan barang fisik.

Sebagai contoh, seorang dokter atau perawat memberikan layanan kesehatan kepada pasien, sedangkan seorang guru memberikan layanan pendidikan kepada siswa. Usaha di bidang jasa juga dapat memberikan nilai tambah kepada pelanggan melalui pengetahuan, keahlian, kreativitas, atau pengalaman mereka dalam bidang tertentu.

Keberhasilan usaha bidang jasa sering kali bergantung pada kualitas layanan yang diberikan, reputasi, dan hubungan dengan pelanggan. Inilah alasan mengapa ada berbagai jenis usaha di bidang jasa, karena sektor ekonomi yang terus berkembang dan berubah seiring dengan perubahan kebutuhan dan permintaan pelanggan serta perkembangan teknologi.

Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Menjanjikan

Berikut ini contoh peluang usaha di bidang jasa yang bisa menghasilkan keuntungan bagi kamu:

1. Cuci Sepatu

Bisnis cuci sepatu adalah peluang usaha bidang jasa paling diminati tahun ini. Siapa sangka ternyata banyak sekali orang yang memakai sepatu kets yang harganya mencapai jutaan rupiah setiap tahunnya. Sepatu mahal ini tentunya membutuhkan perawatan yang tidak asal-asalan.

Produk khusus, metode pembersihan, dan keahlian diperlukan untuk mengembalikan kilau sepatu mahal ini dengan benar. Oleh karena itu, bisnis cuci sepatu akan menjadi salah satu konsep bisnis jasa yang menjajikan.

Untungnya, saat ini kamu tidak perlu lagi membangun merek pembersih sepatu sendiri karena ada banyak perusahaan waralaba yang beroperasi di bidang ini. Jadi, kamu bisa dengan mudah menjadi franchisee.

2. Barbershop

Usaha Bidang Jasa yang Paling Banyak Diminati

Disadari atau tidak, potong rambut adalah salah satu usaha bidang jasa yang paling potensial untuk bertahan lama. Hal ini didorong oleh kecenderungan bahwa setiap orang pada umumnya hanya mempercayai segelintir tukang cukur selama hidupnya.

Bagi kebanyakan orang, rambut adalah subjek pribadi karena sangat memengaruhi citra yang ingin mereka bangun. Banyak orang dengan demikian akan memotong setiap dua minggu untuk mempertahankan penampilan mereka.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk meningkatkan tingkat layanan yang kamu berikan kepada setiap klien. Bentuk layanan ini mungkin dalam hal keramahan tukang cukur, pengetahuan mereka tentang tren terbaru, keterampilan yang terus dikembangkan, dan banyak lagi.

3. Cuci Kendaraan Bermotor

Tahukah kamu bahwa bisnis cuci mobil bisa menghasilkan omzet hingga puluhan juta rupiah? Dari luar, usaha bidang jasa ini mungkin tampak biasa-biasa saja, tetapi melihat lebih dekat mengungkapkan bahwa ini sangat mengejutkan dari sudut pandang akuntansi.

Selain itu, bisnis cuci mobil cukup fleksibel karena dapat dilakukan di rumah sendiri atau properti sewaan dan dapat dilakukan sendiri atau mempekerjakan karyawan.

4. Designer dan Penjahit Pakaian

Berkat media sosial, sektor fashion menjadi lebih mudah mempromosikan barang-barangnya. Akibatnya, komunitas telah menerima kontribusi dari banyak pemain baru. Oleh karena itu, bisnis pakaian lokal diprediksi akan meningkat cukup baik di tahun-tahun yang akan mendatang.

Untuk alasan ini, kamu mungkin juga terlibat dalam bisnis kreatif ini. Hanya saja, disarankan untuk memilih target pasar yang agak eksklusif agar merek kamu memiliki diferensiasi dari yang lain.

Misalnya dengan secara eksplisit membuat dan membuat busana plus size, khusus untuk busana muslim kekinian namun tetap syar’i, atau dengan secara khusus menyasar ibu menyusui.

5. Modifikasi Sepeda Motor

Bengkel modifikasi sepeda motor menjamur dengan pesat seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap sepeda motor custom. Kenyataannya, saat ini semangat custom motor mulai diterima oleh pabrikan besar, maka dari itu mereka mulai memperkenalkan barang-barang yang menyerupai motor buatan bengkel custom.

Hal ini menjadi bukti nyata bahwa masyarakat Indonesia mulai menikmati estetika sepeda motor yang telah dikustomisasi secara khas. Untuk bisa memulai bisnis modifikasi motor memang tidak mudah dan murah.

Diperlukan sumber pendanaan yang memadai, baik untuk membayar bahan mentah maupun untuk membayar tenaga ahli. Selain itu, bisnis ini juga akan sulit bagi masyarakat yang kurang antusias dengan budaya motor custom untuk ikut serta. Sebab, semangat ini akan berpengaruh pada hasil akhir modifikasi motor.

6. Laundry

Ide Peluang Usaha di Bidang Jasa

Bisnis laundry memang menjadi salah satu peluang bisnis di bidang jasa yang sangat dibutuhkan di era milenial ini. Dengan semakin banyaknya hunian yang ditempati oleh kalangan milenial, potensi bisnis laundry pun semakin meningkat.

Faktor ini sebagian besar dipengaruhi oleh gaya hidup milenial yang penuh dengan aktivitas dan kesibukan, sehingga mereka membutuhkan bantuan dalam menjalankan tanggung jawab sehari-hari seperti mencuci pakaian. Bisnis laundry dapat memberikan solusi yang praktis bagi mereka yang tidak memiliki waktu atau fasilitas untuk mencuci pakaian sendiri.

Selain itu, kemajuan teknologi juga telah mempermudah bisnis laundry dengan adanya platform online yang memudahkan pelanggan untuk memesan jasa laundry tanpa harus datang langsung ke tempat laundry. Hal ini memungkinkan bisnis laundry untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan memberikan pelayanan yang lebih efisien.

Dengan demikian, bisnis laundry bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di era milenial ini, asalkan dikelola dengan baik dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.

7. Rental Mobil

Rental mobil juga menjadi salah satu tren bisnis yang populer. Selain didorong oleh peningkatan sektor pariwisata, bisnis rental mobil akan berkembang seiring dengan meningkatnya jumlah pengemudi taksi online.

Mengingat tidak semua orang mampu membeli mobil sendiri, menyewa mobil adalah pilihan yang bisa mereka pilih. Kamu bisa membuat beberapa skema perjanjian. Untuk kesepakatan sehari-hari, kami beralih dari pembagian keuntungan berdasarkan perbandingan yang disepakati.

Hanya saja untuk memulai bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar. Prosedur keuangan harus disiapkan jika memang ingin memulai peluang bisnis sektor jasa yang paling dibutuhkan tahun ini.

8. Pembuatan Situs Web

Sejak milenium dan Generasi Z menghabiskan lebih banyak waktu online daripada generasi lainnya, internet telah menjadi bagian yang semakin penting dari kehidupan sehari-hari mereka.

Hal pertama yang dilakukan orang ketika mereka ingin mencari tahu sesuatu adalah online dan melakukan internet untuk itu. Dari fakta paling mendasar hingga barang spesifik yang mereka inginkan. Inilah yang membuat website menjadi vital bagi sektor bisnis.

Selain itu, bisnis digital terus menggerogoti berbagai bisnis lain, salah satunya periklanan yang mengandalkan iklan billboard. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak perusahaan terkenal mulai meningkatkan pengeluaran mereka untuk beriklan di situs web populer. Hal ini pula yang membuat banyak orang membuat website untuk mengejar keuntungan.

Karena semakin banyak pemilik bisnis yang menyadari pentingnya memiliki situs web, permintaan akan pembuat situs web meningkat. Inilah yang membuat usaha bidang jasa pembuatan website semakin menggiurkan.

Apakah kamu tertarik untuk mengejarnya? Jika demikian, tidak ada salahnya untuk menciptakan one-stop business. Artinya, kamu menyediakan layanan pembuatan situs web serta pembelian domain dan hosting. Kamu akan dapat melayani lebih banyak pelanggan dengan cara ini.

9. Desain Interior

Bisnis desain interior juga akan berkembang seiring dengan banyaknya generasi milenial yang mulai memiliki properti, baik itu rumah tapak maupun flat.

Karena anak-anak memiliki minat yang beragam, dekorasi interior properti mereka pasti akan berbeda dari orang tua mereka. Oleh karena itu, mereka membutuhkan seorang desainer interior untuk mendapatkan mood yang mereka cari.

Meskipun gelar sarjana diperlukan untuk bekerja sebagai desainer interior, apakah menurut kamu banyak pemilik bisnis di industri ini yang belajar secara otodidak? Kamu bisa memulai karir desain interior kamu jika kamu memiliki etos kerja yang kuat dan dorongan untuk mempelajari hal-hal baru.

10. Desain Grafis

Rekomendasi Bisnis di Bidang Jasa

Masih belum puas dengan peluang usaha di bidang jasa yang paling diminati yang dibutuhkan di atas? Jangan khawatir, ada beberapa saran tambahan yang tidak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah desain grafis.

Desainer grafis adalah salah satu pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat di lingkungan digital. Banyak situs web lepas dapat menghubungkan kamu dengan klien potensial, membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk masuk ke industri desain grafis.

Selain itu, kehadiran banyak agensi juga merupakan peluang bagus bagi desainer grafis untuk menghasilkan uang.

Menjadi seorang desainer grafis, di sisi lain, bukan tanpa kesulitan. Salah satunya adalah bagaimana menemukan klien yang ingin bekerja sama dengan kamu.

Untuk itu, disarankan untuk membangun portofolio terlebih dahulu di media sosial dan forum kreatif. Banyak seniman telah berhasil menarik klien besar dengan menggunakan strategi ini, sehingga harus efektif.

11. Jasa Fotografi dan Videografi

Punya hobi foto? Saatnya untuk mengubah gairah ini menjadi sesuatu yang menghasilkan uang dengan menjadi seorang profesional.

Saat ini cukup banyak orang dan perusahaan yang membutuhkan jasa fotografer dan pembuat film. Kamu bisa  menggunakannya untuk branding atau dokumentasi.

Rekaman foto dan video menjadi lebih laku karena kemudahan akses ke dunia internet. Apalagi saat ini semakin banyak organisasi besar yang ingin merambah ranah internet sehingga haus akan materi.

Misalnya seperti mengembangkan web series sebagai sarana untuk meningkatkan brand exposure. Ada beberapa bisnis besar yang mengikuti pendekatan ini dan berhasil membuat orang lebih mengenal produk mereka.

12. Jasa Titip atau Jastip

Salah satu contoh bisnis di bidang jasa yang bisa kamu mulai tanpa modal adalah jasa titipan. Model bisnis layanan kurir didasarkan pada model komisi, dimana kamu membeli barang pesanan dan bisnis membayar kamu komisi.

Sebagai akibat dari meningkatnya permintaan masyarakat terhadap barang-barang tertentu, layanan simpanan semakin populer. Membeli produk, misalnya pada saat acara tertentu. Atau, membeli barang dari negara lain saat dalam perjalanan bisnis.

Salah satu contoh sukses bisnis jastip adalah Desanti Sarah. Dia adalah seorang ibu rumah tangga yang mendirikan jasa kurir untuk berbagai kebutuhan. Pakaian, perabotan, dan buku untuk anak-anak sudah termasuk. Ia mengaku telah mengumpulkan keuntungan hingga Rp. 10 juta dari satu kesempatan.

Mengapa kamu membutuhkan modal untuk memulai bisnis jasa? Karena kamu memiliki kendali atas cara kerja sama: hanya setelah pelanggan memberikan uang, pembelian akan dilakukan. Didukung dengan tingkat kepercayaan yang tinggi dari klien, niscaya sistem ini akan berjalan dengan sukses.

Jika kamu ingin memulai bisnis ini, kamu harus waspada untuk mengamati peristiwa yang terjadi di kota kamu. Kemudian, kamu bisa mulai mengiklankan bisnis jasa kurir kamu menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa rekomendasi bisnis di bidang jasa yang bisa Teknozen jadikan pilihan yang menarik sebagai calon entrepreneur. Dari bisnis cuci sepatu hingga jasa titip, ada banyak peluang yang bisa kamu eksplorasi dengan potensi pertumbuhan yang menjanjikan.

Namun, yang paling penting adalah melakukan riset dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha di bidang jasa apa pun. Dengan kerja keras, komitmen, dan dedikasi, kamu bisa membangun bisnis jasa yang sukses dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan kamu.

Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi dan panduan yang berguna bagi Teknozen yang ingin memulai usaha di bidang jasa. Selamat berwirausaha! Terima kasih sudah membaca!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like