Spesifikasi Lengkap HP iPhone 8 Plus dan Harga Terbarunya di Indonesia

Teknatekno.com – HP iPhone 8 Plus merupakan perangkat smartphone flagship yang dirilis oleh Apple pada bulan September 2017. iPhone 8+ dirilis bersamaan dengan 2 varian iPhone baru lainnya, yaitu iPhone 8 dan iPhone X.

Untuk perilisannya di Indonesia, Apple bekerjasama dengan Teletama Artha Mandiri atau anak perusahaannya dari Erajaya Group, salah satu perusahaan ritel besar di Nusantara.

Seperti iPhone 8 yang merupakan penerus dari iPhone 7, smartphone iPhone 8 Plus juga merupakan penerus dari iPhone 7 Plus.

Pada 3 November 2017, iPhone 8 Plus pertama kali hadir di sejumlah negara Asia dan Eropa, termasuk Indonesia. Singapura adalah negara pertama di Asia Tenggara yang menawarkan iPhone 8+.

IPhone 8+ menawarkan spesifikasi yang dibandingkan dengan pendahulunya, iPhone 7 Plus. Smartphone ini dilengkapi dengan opsi ROM dengan ukuran 64GB dan 256GB.

Sementara iPhone 8 Plus memiliki banyak fitur mutakhir seperti ID Wajah dan pengisian daya nirkabel, ia juga memiliki kamera yang kuat.

Harga HP iPhone 8 Plus di Indonesia

Lazada: Rp 16.199.000
Shopee: Rp 15.150.000
Tokopedia: Rp 16.499.000
Bukalapak: Rp 15.999.000
JD.ID: Rp 16.499.000
Blibli: Rp 14.999.000

iPhone 8 Plus diluncurkan pada 12 September 2017 oleh Apple di acara Steve Jobs Theatre yang berlokasi di situs Apple Park.

Sementara peluncuran perdananya dilakukan di bulan yang sama, beberapa hari setelahnya, Di Indonesia, produk iPhone 8+ ini dirilis pada 22 Desember 2017, waktu yang tepat tepat sebelum perayaan Hari Natal.

Sekitar Rp 17.199,00 adalah harga iPhone 8+. Tapi hari ini, biaya resmi dari kedua versi smartphone telah berkurang cukup banyak.

Spesifikasi HP iPhone 8 Plus

Spesifikasi HP iPhone 8 Plus

Berikut spesifikasi lengkap dari HP iPhone 8 Plus:

Nama model: iPhone 8 Plus
Kode produksi: A1864 (USA, Hong Kong, Australia, New Zealand, China)
A1897 (EMEA, UAE, LATAM, Canada, US, Singapura); A1898 (Jepang)
Segmen pasar: Flagship
Diperkenalkan: September 2017
Dirilis resmi: September 2017
Jaringan: GSM / HSPA / LTE

Eksternal

  • Dimensi: 158.4 x 78.1 x 7.5 mm
  • Berat: 202 gram
  • SIM Card: Nano-SIM
  • Apple Pay (Visa, MasterCard, AMEX certified)

Layar

  • Jenis: Retina HD – IPS LCD (capacitive touchscreen)
  • Ukuran: 5.5 inci (~67.4% screen-to-body ratio)
  • Resolusi: 1080 x 1920 pixels (~401 ppi density)
  • Perlindungan: Ion-strengthened glass, oleophobic coating
  • Model: Bezelless dengan classic notch

Internal

  • Sistem Operasi: iOS 11 (dapat diupgrade ke iOS 13.2)
  • User Interface (UI): iOS 11 UI
  • Chipset: Apple A11 Bionic (10 nm)
  • Prosesor: Hexa-core (2x Monsoon + 4x Mistral)
  • Kartu grafis: Apple GPU (three-core graphics)
  • ROM: 64GB/ 128GB
  • RAM: 3GB RAM

Kamera

  • Depan: 7MP
  • Fitur: Face detection, HDR
  • Belakang: 12MP+12 MP
  • Fitur: Quad-LED dual-tone flash, HDR, Light Portrait, Scene

Speaker

  • Loudspeaker: Ya
  • Port jack 3,5mm: Tidak

Sensor

  • Sensor utama: Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Siri natural language commands and dictation
  • Sensor sidik jari: Ya (di depan)

Konektivitas

  • WLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE
  • USB: 2.0, proprietary reversible connector
  • NFC: Ya
  • GPS: A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
  • Radio: Tidak

Baterai

  • Jenis: Non-removable Lithium Ion
  • Kapasitas daya: 2691 mAh battery (support fast charging 15W: 50% in 30 min, USB Power Delivery 2.0, Qi wireless charging)

Warna dan Harga HP iPhone 8 Plus

  • Warna: Gold, Space Gray, Silver, Red
  • Harga: Rp 17.199.000 (harga resmi di awal perilisan di pasaran Indonesia)

Fitur Unggulan iPhone 8 Plus

Fitur Unggulan iPhone 8 Plus

IPhone 8 Plus hadir dengan fitur-fitur berikut:

Kombinasi fitur kamera depan dan belakang yang luar biasa

Keunggulan terbesar iPhone 8 Plus terletak pada fitur kameranya. Kamera ganda yang berada di bagian belakang smartphone ini memiliki resolusi 12MP yang dilengkapi dengan sensor yang lebih cepat dan besar, apalagi jika dibandingkan dengan versi iPhone 7 Plus.

Kombo kamera ganda ini memberikan foto yang luar biasa, terutama jika kamu mengaktifkan mode Potret yang merupakan fitur utama iPhone 8+. Dengan mode potret ponsel cerdas ini, kamu dapat mengambil foto lanskap yang indah hanya dengan jumlah iluminasi yang tepat.

Kamu juga dapat menggunakan fitur zoom 10x untuk menghasilkan gambar dengan detail yang luar biasa tetapi pada saat yang sama, foto tidak akan buram dan kualitas tetap terjaga. Selain itu, kamera iPhone 8+ memiliki efek bokeh dengan Light Portrait dan efek 3D dengan Scene.

IPhone 8 Plus juga bagus untuk mengambil foto narsis. Kamera depan kamera ini menawarkan resolusi 7MP untuk memenuhi tuntutan kamu dalam mengabadikan foto selfie bersama sahabat.

Kualitas Video yang Mengagumkan

Kamera belakang iPhone 8+ mampu merekam video HD selain mengambil bidikan panorama yang memukau.

Menggunakan resolusi video 4K 60 fps kamera belakang, kamu dapat merekam berbagai aktivitas biasa. Perekaman gerak lambat juga dapat direkam dalam kualitas HDR Penuh yang menakjubkan.

Bagi kamu yang ingin memperbesar, kamu dapat melakukannya tanpa khawatir mengurangi kualitas resolusi video. Dengan memanfaatkan kamera iPhone 8+ ini, kamu dapat memperbesar 6 kali dengan kualitas video yang dipertahankan.

Tampilan yang Tangguh dan Timeless

Jika kamu seorang pecinta iPhone 7 Plus, kamu akan menyukai iPhone 8 Plus. Desain smartphone ini hampir sama dengan pendahulunya. Kaca belakang iPhone 8+ memberikan tampilan yang lebih mewah, tetapi hanya itu saja. Penutup kaca tidak hanya menawarkan daya tarik visual.

Namun, fitur Pengisian Nirkabel iPhone 8+ juga sangat diuntungkan. Ditambah dengan bodi layar yang lebih lebar dari iPhone 8, semakin memudahkan kamu mengakses berbagai aplikasi dan fitur dengan lebih leluasa. iPhone 8+ hadir dengan 4 pilihan warna yaitu Gold, Space Grey, Silver, dan Red.

Layar iPhone 8 Plus yang praktis tanpa bingkai juga tampak jauh lebih lebar. Rasio screen-to-body iPhone 8 Plus adalah 67,4 persen, dengan layar 5,5 inci.

Lapisan oleophobic dibuat pada kaca yang diperkuat dengan Ion untuk membuat layar. Sederhananya, layar smartphone ini tahan minyak dan sidik jari serta tahan gores.

Prosesor Bionic A11 dengan Performa yang Luar Biasa

Keunggulan lain yang dimiliki iPhone 8+ adalah prosesornya, yakni A11 Bionic. Prosesor terbaru besutan Apple ini mampu membantu kinerja smartphone menjadi lebih maksimal. Masing-masing dari enam inti prosesor membantu stabilitas kinerja smartphone.

Jika kamu bosa dengan waktu reaksi ponsel yang lamban, iPhone 8 Plus akan membuat kamu kagum dengan kinerjanya yang sangat cepat.

Ini benar-benar kejutan yang disambut baik, apalagi mengingat kapasitas RAM dari smartphone ini hanya 3GB. Tetapi Apple memberikan kompensasi yang luar biasa dengan menggunakan prosesor canggih ini.

Bahkan saat dilakukan uji benchmark oleh situs toptenreviews.com, iPhone 8+ meraih skor 61.443. IPhone 7 Plus, dengan skor 36.711, dan Samsung Galaxy S8, dengan skor 36.415, keduanya memiliki peringkat lebih rendah dari ini.

Ditambah lagi, kinerja prosesor yang luar biasa tidak menyedot daya tahan baterai sama sekali, sehingga baterai iPhone kamu akan bertahan lama.

Kelebihan dan Kekurangan HP iPhone 8 Plus

Berikut kelebihan dan kekurangan iPhone seri 8 plus:

Kelebihan dan Kekurangan HP iPhone 8 Plus

Kelebihan iPhone 8 Plus

Keunggulan terbesar iPhone 8 Plus datang dari prosesor jenis A11 Bionic. RAM 3GB smartphone ini didukung oleh prosesor 6-core dengan banyak daya cadangan. Aktivitas bermain game atau mengoperasikan aplikasi hiburan lainnya akan terasa lebih sederhana dan cepat.

Dengan kamera belakang 12MP dan fitur-fitur canggih seperti mode Portrait, Bokeh, dan Scene, iPhone 8+ juga memiliki keunggulan dibanding kompetitor. Bahkan dalam hal perekaman video, kamera smartphone ini terbukti sangat baik dan menghasilkan video beresolusi 4K.

Selain itu, tampilan casing kaca iPhone 8+ juga patut diacungi jempol. Casing kaca ini tidak hanya membuat tampilan smartphone menjadi lebih elok, tetapi juga sangat kokoh dan bahkan membantu fitur wireless charging ponsel ini.

Ukuran layar iPhone 8+ 5,5 inci juga lebih lebar secara signifikan untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game dan mengakses berbagai fitur dan aplikasi yang dapat diakses.

Kekurangan iPhone 8 Plus

IPhone 8 Plus menghilangkan konektor audio 3,5mm, yang mengecewakan bagi banyak orang. Lepasnya jack audio berarti kamu tidak bisa memasang earphone dan mendengarkan musik menggunakan earphone.

Meskipun iPhone menyertakan fitur Bluetooth yang dapat digabungkan dengan earphone Bluetooth, penggunaan earphone nirkabel dapat menyedot baterai smartphone lebih cepat.

Selain itu, bodi iPhone 8+ yang lebar dan berbahan kaca juga cenderung membuat smartphone licin dan sulit digenggam. Namun, kasing dapat mencegah layar dan kasing tergores sebagai kompensasi.

Review iPhone 8 Plus

Dibandingkan dengan pendahulunya, terutama iPhone 7 Plus dan iPhone 8, iPhone 8+ memang menampilkan berbagai peningkatan fitur yang menarik.

Layar iPhone 8 Plus yang lebih lebar dinilai menjadi kelebihan, terutama bagi kamu yang kurang puas dengan ukuran layar iPhone 8. Selain itu, performa prosesor A11 Bionic juga menjadi keunggulan utama yang membuat smartphone ini banyak dicari.

Perangkat andalan terbaru Apple, iPhone 8+, sekali lagi menunjukkan mengapa itu adalah pilihan ideal bagi kaum milenial. Kamera belakang, perekam video, dan kamera depan semuanya memiliki spesifikasi luar biasa untuk mendukung hal ini.

IPhone 8+, di sisi lain, bukan tanpa kekurangannya. Kurangnya jack audio 3.5mm membatasi kemandirian penggemar musik yang ingin mendengarkan lagu terbaik melalui earphone.

Beberapa pengguna telah menyatakan ketidakpuasannya dengan iPhone 8+ karena ukurannya yang besar, yang menurut mereka membuatnya sulit untuk ditangani.

Kesimpulan

iPhone 8 Plus diluncurkan pada 12 September 2017 oleh Apple di acara Steve Jobs Theatre. Di Indonesia, produk iPhone 8 Plus ini dirilis pada 22 Desember 2017. Harga kedua versi smartphone tersebut turun drastis dari Rp 17.199,00 menjadi Rp 9.999.000.

Kamera belakang iPhone 8+ mampu merekam video HD selain mengambil bidikan panorama yang memukau. Kamu juga dapat menggunakan fitur zoom 10x untuk menghasilkan gambar dengan detail yang luar biasa tetapi pada saat yang sama, foto tidak akan buram dan kualitas tetap terjaga.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like