Bedanya Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan headset, headphone, handsfree dan earphone bukan? Apalagi bagi kamu yang sering mendengarkan musik atau berkomunikasi dengan perlengkapan wearable ini.

Namun, ternyata masih banyak yang tidak tau bahkan keliru dengan perbedaan keempat benda ini. Secara umum, headset, headphone, handsfree dan earphone memang memiliki kegunaan yang tidak jauh bertolak belakang yaitu sebagai perlengkapan untuk mendengarkan suara secara langsung ke telinga.

Namun, keempat perlengkapan audio ini memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? Yuk simak perbedaannya

Perbedaan Antara Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone

Berikut penjelasan dari masing-masing perangkat audio yang perlu kamu tau:

1. Headset

Perangkat audio yang satu ini merupakan campuran dari dua device yakni headphone/earphone (perangkat output audio) dan mikrofon (perangkat input audio). Biasanya, headset dihubungkan dengan sound card pada komputer melewati kabel input dan output audio.

Bentuknya yang besar akan memudahkan kamu untuk menikmati suara dengan lebih maksimal. Di samping itu, headset bisa digunakan untuk kebutuhan seperti video call, skype, dan game online. Di sebelah kanan atau kirinya, biaanya terdapat mikrofon kecil sebagai output dari headset ini.

2. Headphone

Selain headset, ada pula headphone dengan format dan desain yang sekilas tampak tidak jauh bertolak belakang dengan headset. Bedanya, headphone tidak mempunyai mikrofon dan hanya bisa digunakan untuk mendengarkan tapi tidak bisa untuk berkomunikasi.

Biasanya, headphone dipakai untuk kebutuhan seperti editing audio atau video, serta menikmati musik dari PC, MP3 Player, dan CD Player. Dari ukurannya, terdapat dua tipe headphone, yaitu:

  • Full Size/Over Ear Headphone

Headphone ukuran ini seringkali menutupi seluruh telinga secara sempurna. Kelemahannya, headphone ini bisa mengganggu pendengaran bila dipakai terlalu lama, serta susah dibawa ke mana-mana sebab ukurannya besar. Sementara keunggulannya tentu bisa mendengarkan suara dengan lebih jelas.

  • On Ear Headphone

Headphone tipe ini seringkali lebih portabel sebab ukurannya lebih kecil. Hanya saja, On Ear Headphone tidak cukup nyaman dipakai.

3. Earphone

Earphone nyaris sama dengan headset dan headphone. Bedanya, earphone bentuknya lebih simpel, kecil, bisa dibawa ke mana-mana, dan perlu menyumbatkannya ke dalam lubang telinga. Biasanya, earphone dipakai untuk hiburan seperti menikmati musik atau menyaksikan video di smartphone.

Selain itu, perangkat ini tidak bisa dipakai untuk berkomunikasi, biasanya lebih digunakan untuk menikmati musik saja. Yang bisa dipakai berkomunikasi sekaligus mendengarkan ialah handsfree. Dilihat dari bentuknya, terdapat dua tipe earphone yaitu:

  • In-Ear Monitor (IEM)

Biasanya, earphone jenis ini memakai karet dan nantinya disumbatkan lebih dalam ke lubang telinga, sampai-sampai suara akan terdengar lebih jelas tanpa gangguan dari luar.

  • Earbud

Berbeda dengan IEM, earphone tipe ini memakai plastik bundar yang keras karena selalu ditempel saja di telinga. Jadi, suara dari luar masih bisa terdengar.

4. Handsfree

Handsfree dan earphone sekilas memang terlihat mirip. Namun, handsfree ini adalah earphone yang diberi ekstra tertentu layaknya mikrofon dan tombol fungsi.

Lewat tombol dengan fungsi tersebut, pemakai bisa menaikkan atau menurunkan volume dan menerima atau memutus panggilan. Handsfree juga seringkali disertakan dalam dashbook smartphone seperti yang kamu miliki.

Berkembangnya teknologi, kini tidak sedikit pula bluetooth handsfree yang bisa digunakan tanpa kabel yang dirasakan mengganggu. Tapi memang earphone dan handsfree nyaris sama, tidak sedikit orang yang sering menyebut earphone ketimbang handsfree.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai perbedaan antara headset, headphone, handsfree dan earphone yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like