Apa itu Barcode Scanner? Definisi, Jenis dan Cara Kerjanya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tau apa itu barcode scanner? Dalam dunia bisnis alat yang bernama barcode scanner atau barcode reader sudah tidak asing lagi, terutama para petugas yang menerima sejumlah uang atau biasa disebut kasir.

Bagi para kasir penggunaan barcode scanner menjadi bagian yang mutlak harus dikuasai untuk mempermudah maupun mempercepat transaksi pembelian. Dahulu sebelum menggunakan barcode scanner, kasir melakukan input penjualan secara manual dengan menggunakan nama barang atau kode barang.

Mengenal Apa itu Barcode

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penggunaan barcode scanner ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu barcode. Barcode adalah kode-kode untuk angka dan huruf yang terdiri dari kombinasi bar (garis) dengan berbagai jarak. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memasukkan data ke dalam komputer.

Dalam barcode tidak berisi data deskriptif dari suatu barang, tetapi hanya enkripsi dari sejumlah digit angka. Ketika angka tersebut di scan oleh cashier maka kode tersebut secara otomatis akan langsung terhubung ke data barang.

Hasil barcode scanner tersebut berisikan data-data dari berbagai produk seperti nama vendor, nama produk, harga dan data pendukung lain.

Lalu Apa itu Barcode Scanner atau Barcode Reader?

Dalam hal ini komputer tidak secara langsung bisa membaca data yang terkandung dalam kode bar tersebut, oleh karena itu sebelumnya kode yang ada harus ditangkap dan diterjemahkan ke dalam format data yang bisa dibaca oleh komputer.

Nah, alat yang bisa membaca dan mengirimkannya ke dalam komputer itulah yang disebut barcode reader atau yang biasa disebut barcode scanner.

Cara Kerja Barcode Scanner

Seperangkat barcode scanner terdiri dari scanner, decoder dan kabel yang menyambungkan decoder dengan komputer. Barcode scanner tersebut memindai symbol, menangkap dan merubah kode bar menjadi data elektrik lalu mengirimkannya ke komputer dengan format data yang sederhana.

Jenis Barcode Scanner

Terdapat empat jenis barcode reader yang saat ini banyak tersedia di pasaran. Setiap jenis barcode scanner tersebut mempunyai perbedaan dalam hal membaca maupun mengkodekan sebuah barcode. Beberapa jenis barcode tersebut diantaranya:

1. Pen Type Readers atau Bar Code Wands

Dalam barcode reader tipe ini terdapat photo diode yang berada disamping ujung pena. Untuk membacanya, tempatkan kode tersebut di ujung pena lalu digeser ke semua bar secara stabil.

Kemudia diode tersebut bisa mengukur intensitas cahaya yang dipantulkan dari sumber cahaya dan dan menghasilkan gelombang yang sesuai dengan lebar dari bar dan spasi dalam kode tersebut.

Setelah itu barcode reader mengirimkan gelombang ke decoder kemudian menterjemahkannya dan mengirimkannya ke komputer dalam format data sederhana.

2. Laser Barcode Scanner

Pada intinya cara kerjanya sama dengan tipe pena tetapi barcode reader ini menggunakan sinar laser sebagai sumber cahayanya. Pada umumnya memakai cermin prisma ataupun kaca bolak-balik untuk memindai laser yang melintasi kode bar.

3. CCD Barcode Scanners

Barcode scanner ini menggunakan aray sensor cahaya berbentuk kecil berbaris sejajar pada ujung barcode scanner. Tegangannya berbentuk gelombang sesuai dengan bar dan ruang dari barcode yang dihasilkan dan dikirim ke komputer.

Perbedaan utama antara scanner barcode CCD dengan jenis scanner barcode pena dan scanner laser barcode adalah bahwa barcode scanner CCD mengukur bentuk cahaya yang dipancarkan dari kode bar.

Sedangkan pena atau laser scanner barcode mengukur dari pantulan cahaya dari frekuensi tertentu yang berasal dari scanner itu sendiri.

4. Camera Based Barcode Readers

Barcode scanner ini berbasis kamera video kecil untuk menangkap gambar ke kode bar, kemudian menggunakan teknik pengolahan citra digital untuk memecahkan kode bar tersebut.

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan singkat dari Teknatekno mengenai apa itu barcode scanner atau barcode reader beserta cara kerja dan juga jenis-jenisnya. Semoga bisa bermanfaat ya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like