15 Aplikasi Bisnis Terbaik di Android untuk Meningkatkan Produktivitas

Teknatekno.com – Jadikan bisnis kamu lebih produktif dengan aplikasi bisnis terbaik. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa pilihan aplikasi bisnis yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan efisiensi kerja.

Dalam era digital seperti sekarang, aplikasi bisnis menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Terdapat berbagai aplikasi bisnis yang dapat membantu dalam mengelola waktu, proyek, dan tugas-tugas bisnis lainnya.

Namun, dengan begitu banyaknya aplikasi yang tersedia, seringkali sulit untuk memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi bisnis terbaik di Android yang dapat membantu kamu meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja.

Daftar Aplikasi Bisnis di Android

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Untuk Android

Dalam dunia bisnis, waktu adalah uang, dan keberhasilan suatu bisnis tergantung pada produktivitas dan efisiensi. Untuk membantu meningkatkan produktivitas bisnis kamu, berikut ini adalah beberapa aplikasi bisnis terbaik yang wajib kamu coba:

1. SHAREit

Bagi para pebisnis, bertukar dokumen itu sudah hal biasa. Nah, agar proses mengirim dan menerima dokumen lebih cepat 200 kali lipat daripada bluetooth yang hanya 20M/s, maka kamu bisa manfaatkan aplikasi bisnis bernama SHAREit.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengirim berbagai macam dokumen, mulai dari foto, video, hingga office. Soal format pun sangat lengkap, jadi kamu bisa dengan nyaman mengirim video dan foto dalam format apapun.

2. WhatsApp Business

Di aplikasi WhatsApp Business, kamu bisa membuat profil bisnis supaya kamu bisa melakukan komunikasi yang lancar dengan para konsumen. Siapapun yang terbiasa menggunakan WhatsApp biasa akan mudah mengoperasikan aplikasi ini, karena keduanya masih memiliki antarmuka pengguna yang serupa.

Selain itu, kamu pun bisa memiliki akun bisnis dan personal secara terpisah pada satu HP yang sama, asalkan nomor HP yang didaftarkan berbeda. Jenis HP manapun bisa menggunakan aplikasi ini, namun jika kamu ingin memiliki dua akun pada satu HP sebaiknya gunakan jenis HP yang sudah mendukung Dual SIM.

Fitur lain yang juga dihadirkan adalah WhatsApp Web, kamu bisa berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan browser pada PC tanpa harus menginstal aplikasi apapun.

3. Google Meet

Jika kamu seorang pelaku usaha yang memiliki banyak karyawan, tentu membutuhkan aplikasi video meeting supaya produktivitas tetap berjalan walau terkendala jarak.

Nah, inilah yang kemudahan yang ditawarkan oleh Google Meet.Google Meet merupakan sebuah aplikasi video call besutan Google yang mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Kamu hanya perlu memiliki akun Google dan aplikasi Google Meet sudah siap digunakan. Mengundang banyak orang juga hanya semudah membagikan link, dan siapapun yang mengklik link tersebut bisa langsung join selama mereka terhubung dengan akun Google atau GMail.

Dibandingkan dengan sejumlah aplikasi video call lainnya, Google Meet termasuk salah satu yang teraman berkat enkripsi koneksi yang dimilikinya. Bagi pengguna PC yang belum menginstal aplikasi juga tetap mampu menjadi host ataupun ikut serta dalam video meeting karena Google Meet juga mendukung akses browser.

Aplikasi Bisnis Online Tanpa Modal

4. ZOOM

Zoom juga merupakan salah satu aplikasi bisnis yang bisa menguntungkan pelaku usaha. Sebagai aplikasi gratis yang mendukung pertemuan video call, Zoom cukup populer berkat kecepatan koneksinya yang stabil serta mampu menampung banyak partisipan dalam sekali waktu.

Aplikasi Zoom juga memungkinkan kamu untuk melakukan screen sharing pada aplikasi HP serta beragam file yang disimpan di web ataupun Google Drive.

Untuk kamu yang ingin memutar kembali sesi video call, Zoom juga memiliki fitur perekaman supaya kamu bisa menyimpan sesi percakapan menggunakan format MP4 dalam bentuk video ataupun M4A dalam bentuk audio saja.

5. LinkedIn

Yang namanya pebisnis pasti butuh koneksi. Nah, jika kamu membutuhkan koneksi baru, maka kamu wajib mendownload dan menggunakan aplikasi LinkedIn. Sebab, dengan aplikasi LinkedIn, kamu bisa terkoneksi dengan semua client kamu.

Bukan hanya memberikan koneksi saja, di LinkedIn, kamu juga bisa melihat perkembangan dari koneksi kamu mengenai posisi atau jabatannya saat ini, bahkan kamu juga bisa membaca artikel-artikel berkualitas di LinkedIn. Dengan begitu kamu bisa menemukan berbagai inspirasi dari artikel yang ada di LinkedIn.

6. Google My Business

Ingin bisnis atau usaha kamu terlihat di hasil pencarian Google atau Google Maps? Kelola informasi seputar bisnis kamu di Google My Business. Aplikasi bisnis ini akan membantu kamu untuk menampilkan informasi mengenai usaha yang kamu kelola jadi bisa dilihat oleh banyak orang.

Di aplikasi ini, kamu bisa memperbarui informasi mengenai bisnis kamu, mulai dari jam operasi, nama, alamat, dan kategori usaha tersebut. Selain itu, Google My Business juga bisa mengelola dan merespon ulasan dari pelanggan.

Sayangnya, pada tanggal 4 April 2022, Google mengumumkan bahwa aplikasi “Google My Business” telah dihentikan dan tidak lagi tersedia di Play Store.

Namun, sebagai gantinya kamu bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau Google Penelusuran untuk memastikan bahwa Profil Bisnis kamu tetap terbaru dan selalu aktual serta menjangkau pelanggan dimana pun berada.

Rekomendasi Aplikasi Bisnis Online Terbaik

7. Asana

Selanjutnya ada sebuah aplikasi bisnis yang bisa melakukan tugas layaknya seorang manajer, yaitu Asana. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memberikan tugas atau pekerjaan kepada semua staff yang berada di dalam naungan kamu.

Melalui Asana, kamu bisa membuat subbagian tugas, mengirim tugas langsung ke semua staff, dan menambahkan komentar maupun lampiran.

Kamu bisa mendaftar 15 orang staff secara gratis di dalam Asana atau membayar Rp 129.256 per bulan untuk per orang agar bisa menikmati fitur lengkap dalam aplikasi ini. Bahkan, kamu bisa berkomunikasi dengan staff kamu yang sudah didaftarkan melalui Asana.

8. CamScanner

Percayakah kamu bahwa smartphone atau tablet Android yang kamu gunakan bisa berubah menjadi scanner? Ya, hal tersebut bukan mustahil jika kamu menginstall CamScanner di handset Android kamu.

Dengan aplikasi bisnis bernama CamScanner ini, kamu bisa memindai faktur, kartu nama, dokumen, dan sertifikat apapun dengan menggunakan ponsel pintar.

CamScanner akan mengoptimalkan kualitas pindai dengan membuat teks dan grafis terlihat jelas dan tajam. Selain itu, CamScanner bisa memungkinkan kamu untuk mencetak dokumen dari printer yang ada di sekitar kamu. Aplikasi ini benar-benar bermanfaat bagi para pebisnis.

9. Evernote

Jika kamu berpikir bahwa Evernote adalah sebuah aplikasi yang hanya membantu kamu mencatat saja, maka kamu perlu membuktikan sendiri kehebatan aplikasi ini. Aplikasi bisnis ini memungkinkan kamu untuk menambah gambar, video, audio, dan daftar ke dalam catatan.

Semua catatan yang kamu buat di aplikasi ini akan tersusun rapi sehingga lebih mudah dicari. Selain itu, kamu bisa mendiskusikan pekerjaan langsung dengan orang lain melalui Evernote. Evernote merupakan asisten pribadi kamu yang sangat cerdas. Tak perlu koneksi internet, aplikasi ini bisa diakses secara offline.

Aplikasi Bisnis Penghasil Uang

10. Google Drive

Aplikasi yang satu ini pasti sudah tersedia ketika kamu membeli ponsel Android baru. Ya, Google Drive memang salah satu aplikasi bawaan di perangkat Android.

Google Drive adalah aplikasi untuk berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi, PDF, gambar, video, dan berbagai macam file dengan mudah, aman, dan cepat. Semua file yang disimpan atau dibagikan di Google Drive bisa diakses melalui smartphone atau PC. Lebih lagi, kamu bisa mencari file dengan mengetik nama file tersebut.

Jika kamu membagikan sebuah dokumen pada orang lain melalui Google Drive, kamu juga bisa melihat detail aktivitas dan perubahan yang dibuat oleh orang tersebut. Google Drive memberikan kapasitas hingga 15GB untuk menyimpan file, kamu bisa membayar biaya tambahan untuk mendapatkan kapasitas lebih besar.

11. Microsoft OneDrive

Dengan Microsoft OneDrive kamu bisa melakukan banyak hal untuk menunjang aktivitas bisnis kamu. Kamu bisa mengakses dan membagikan dokumen, foto dan file dari smartphone, tablet, dan PC.

Aplikasi Microsoft OneDrive diciptakan untuk mempermudah kamu membuka file yang tersimpan di PC di mana pun kamu berada melalui smartphone atau tablet.

Buka dan simpan file OneDrive di aplikasi seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Untuk menunjang kegiatan bisnis kamu, maka kamu bisa masuk ke OneDrive for Business dengan berlangganan SharePoint Online atau Office 365.

12. PayPal

Di zaman serba digital ini ada begitu banyak aplikasi mobile dan internet banking yang tersedia di smartphone atau tablet. Namun, untuk memudahkan kamu mengirim dan menerima uang dari seluruh dunia, kamu harus memiliki akun PayPal.

PayPal menghadirkan aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengakses akun PayPal kamu dari smartphone. kamu bisa melakukan pembayaran atau menerima pembayaran melalui aplikasi PayPal untuk Android.

Aplikasi ini tentu saja aman, karena aplikasi ini sudah didukung dengan fitur fingerprint dan pemberitahuan instan untuk transaksi keluar masuk di akun PayPal kamu.

Daftar Aplikasi Bisnis Tanpa Modal

13. Slack

Slack adalah aplikasi chatting berorientasi bisnis. Hal yang membuat aplikasi ini lebih istimewa dibanding aplikasi chatting lainnya adalah modularitas yang mengesankan. Kamu bisa membuat chatting dengan anggota yang tak terbatas dan memisahkan setiap anggota di divisi yang berbeda.

Slack juga memberikan dukungan plugin layanan ke Asana, Giphy, dan sebagainya. Kamu juga akan menerima konfigurasi pemberitahuan melalui PC, smartphone, dan juga email yang terhubung dengan Slack.

14. Trello

Aplikasi Trello ini bisa mengatur juga memantau segala perkejaan yang kamu lakukan setiap harinya. Jadi, kamu hanya perlu mengatur to-do-list kemudian tentukan deadline pekerjaan kamu. Jika kamu punya beberapa partner kerja, maka kamu bisa membuat grup dan me-manage pekerjaan masing-masing.

15. Opera News

Para pebisnis tidak boleh melewatkan berita sedikit pun. Biasanya, pebisnis selalu update mengenai perkembangan ekonomi. Kalau dulu, pebisnis selalu membaca koran, tapi sekarang korannya sudah berbentuk digital. Jadi, kamu tidak perlu membawa koran kemana-mana, cukup download Opera News.

Aplikasi tersebut siap memberikan update terbaru seputar ekonomi, olahraga, hingga dunia perbisnisan. Kamu juga bisa mengatur berita-berita yang akan kamu baca.

Kamu juga bisa mencari berita yang kamu butuhkan dengan mudah. Soal sumber dan akurasi berita, tidak perlu khawatir, karena Opera News menjamin berita yang diterbitkan pasti akurat dan bukan hoax.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa rekomendasi aplikasi bisnis di Android yang bisa membantu meningkatkan produktivitas kamu. Semua aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya kerja kamu.

Ingatlah bahwa teknologi hanyalah alat, kamu yang harus memanfaatkannya secara efektif untuk mencapai tujuan bisnis kamu. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat dan disiplin dalam penggunaannya, kamu bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan bisnis kamu. Selamat mencoba!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like