Rekomendasi Aplikasi Flight Tracker di Smartphone

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu pernah mengontrol pesawat menggunakan aplikasi flight tracker dari smartphone kamu? Jika pernah, kamu pasti merasakan sensasi yang berbeda dari aplikasi ini bukan?

Karena, detail informasi penerbangan, sampai arah pesawat diseluruh belahan dunia bisa kamu pantau hanya dari smartphone saja.

Nah, buat kamu yang belum pernah mencobanya, kali ini Teknatekno akan merekomendasikan beberapa aplikasi flight tracker yang mungkin cocok untuk kamu gunakan di smartphone kamu. Perlu kamu ketahui, aplikasi flight tracker dibawah ini ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

8 Aplikasi Flight Tracker

Berikut ini beberapa aplikasi flight tracker yang digunakan untuk melacak penerbangan pesawat di seluruh dunia secara real time. Pengguna bisa memantau lalu lintas pesawat dari bandara satu ke bandara lain.

Pengguna juga bisa mengetahui identitas dan keberadaan pesawat tertentu berada di atas laut mana, ketinggian berapa, berapa waktu perjalanan, dan seterusnya.

1. FlightAware Flight Tracker

Selain melacak penerbangan real time dan lokasi setiap penerbangan komersial di seluruh dunia. Aplikasi ini menggunakan sistem GPS yang memungkinkan kamu menentukan lokasi sendiri dimana bisa melihat pesawat terbang mana yang berada disekitar dan melihat kemana arahnya.

Kamu bisa memperbesar di peta dunia, aplikasi ini membawa kamu bertualang dalam penerbangan. Aplikasi ini gratis dan bisa di unduh di iOS dan Android.

2. FlightTrack 5

Sebuah laporan tahun 2013 dari Institut Pengembangan Metropolitan Chaddick dari DePaul University mengindikasikan bahwa semakin banyak penumpang maskapai penerbangan menggunakan perangkat portabel dalam penerbangan.

Lebih dari 35 persen penumpang yang menggunakan perangkat portabel, 10 persennya menggunakan layanan WiFi.

FlightTrack sendiri memiliki kemampuan offline dalam pembaruan penundaan, gerbang dan pembatalan untuk lebih dari 3000 bandara dan peta bisa diperbesar. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis baik untuk iOS dan Android dikenakan biaya $4,99

3. GateGuru

Aplikasi yang satu ini memberikan kemampuan melacak penerbangan dasar, dimana bisa menyesuaikan rencana perjalanan kamu.

Setelah menetapkan rincian, kamu bisa memasukkan jadwal perjalanan dan GateGuru membantu menghubungkan titik-titiknya untuk memudahkan informasi yang rinci tempat untuk kamu check in, kondisi cuaca bandara, perkiraan waktu tunggu, fasilitas bandaran dan transaksi menit trakhir hingga tarif sewa mobil. Aplikasi ini pun disediakan gratis mengunduh untuk iOS maupun Android.

4. FlightBoard

Penampilan aplikasi ini sangat sederhana dengan mencantumkan semua keberangkatan dan kedatangan. Jenis tampilan FlightBoard sendiri menawarkan 14 ribu penerbangan dan lebih dari 3000 bandara dengan update selama lima menit sekali.

Desainnya memang old school atau jaman dulu, hal ini karena pembuatannya berdasarkan dewan penerbangan Bandara Charles de Gaulle di Paris. Untuk meggunakan aplikasi ini, kamu harus membayar $3,99 untuk perangkat iOS dan Android.

5. FlightView

Dengan aplikasi ini, kamu bisa langsung mengatur jadwal perjalanan dengan meneruskan semua email konfirmasi perjalanan milik kamu. Nantinya, aplikasi FlightView yang akan melakukan pengaturannya, untuk memudahkan, aplikasi ini diberikan untuk di unduh secara gratis di iOS dan Android.

6. iFly Airport Guide

Tidak ada dua bandara yang diciptakan sama, dan juga tidak ada fasilitasnya. Aplikasi gratis untuk iOS dan Android ini adalah suatu keharusan bagi wisatawan yang sering bepergian, menawarkan informasi penting lebih dari 700 bandara.

Termasuk daftar restoran mana yang paling dekat dengan gerbang kamu, ada atau tidaknya jaringan WiFi, tarif parkir dan lokasi, bank dan ATM serta pilihan transportasi kamu jika kamu mencapai tujuan akhir.

7. Flightwise Flight Tracker Pro

Meskipun ada versi Lite seharga $0,99, edisi pro Flightwise sangat berharga bagi para penggemar penerbangan yang rajin bepergian. Kemampuan canggihnya mencakup serangkaian data arsip, yang akan terus berlanjut sampai tahun 2001.

Kamu bisa menarik posisi saat ini, tujuan, dan waktu kedatangan pesawat apa pun di wilayah udara Amerika dan Kanada. Tapi dengan sentuhan beberapa tombol, kamu juga bisa dengan mudah mengambil gambar dan detail pesawat, termasuk riwayat terbangnya. Untuk iOS, kamu perlu membayar $9,99 demi mendapatkan aplikasi ini.

8. Flightradar24

Putar pengatur lalu lintas udara dengan Flightradar24, sebuah aplikasi yang mendidik dan menghibur. Pada tingkat yang paling dasar, kamu bisa meninjau info status penerbangan real time seperti waktu keberangkatan dan kedatangan yang dijadwalkan dan aktual, ditambah rute, kecepatan, dan ketinggian penerbangan individual.

Bagian yang menyenangkan hadir dengan fitur seperti Cockpit View, yang memungkinkan kamu melihat melalui mata seorang pilot, dan Augmented Reality View, yang mengidentifikasi pesawat terbang di atas kepala saat kamu mengarahkan kamera telepon kamu ke langit. Aplikasi ini bisa di unduh dengan membayar $2,99 untuk perangkat iOS dan Android.

Kesimpulan

Nah, itulah rekomendasi dari Teknatekno tentang beberapa aplikasi flight tracker yang bisa kamu gunakan untuk mengontrol pergerakan pesawat dari belahan dunia manapun. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like