Apa itu Editor: Definisi, Tugas dan Skill yang Dibutuhkan

Teknatekno.com – Saat ini, pekerjaan sebagai editor sangat lazim kita temui di Indonesia. Mereka tersebar di berbagai bidang, seperti surat kabar, majalah, media internet, media cetak, dan penerbitan buku. Terkadang mereka juga terdapat di sebuah agensi. Jadi, apa itu editor?

Career Explorer mendefinisikan editor sebagai “seorang pembaca yang kritis”. Ia punya kewajiban untuk membuat tulisan jadi lebih bagus. Ia juga harus bisa mengubah cerita jadi lebih mengalir.

Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan teks bebas dari kesalahan. Penggunaan tanda baca dan pilihan kata adalah dua contohnya. Selain itu, mereka juga bertugas untuk memastikan bahwa tulisan yang mereka hasilkan sejalan dengan tujuan perusahaan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa itu editor, apa saja tugas sehari-harinya, dan kualifikasi apa saja yang harus dipenuhi seorang editor, yuk simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini

Mengenal Apa itu Editor

Dalam dunia tulis-menulis, editor adalah garda terdepan yang membawa tulisan dari tahap awal menuju kualitas yang lebih tinggi sebelum dipublikasikan. Mereka bukan hanya sekadar pembaca pertama, tetapi juga ahli yang memiliki tanggung jawab untuk memeriksa dan memastikan bahwa teks tersebut memenuhi standar yang telah ditetapkan.

Tugas seorang editor mencakup pengecekan tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan, sehingga teks tersebut sesuai dengan selera perusahaan atau penerbit yang bersangkutan.

Mereka berperan penting dalam meningkatkan kejelasan, ketepatan, dan kualitas tulisan, membantu penulis menyampaikan pesan dengan lebih baik kepada pembaca. Sebagai gatekeeper komunikasi tertulis, editor memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga profesionalisme dan kualitas dalam dunia tulis-menulis.

Mengenal Apa itu Editor

Saat ini, ada banyak sekali jenis editor yang tersebar di seluruh Indonesia, baik yang bertugas mengedit buku maupun media massa. Menurut Career Explorer, tanggung jawab masing-masing editor pun berbeda-beda, tergantung di mana mereka bekerja.

1. Editor Buku

Posisi ini akan banyak bersinggungan dengan emosi penulis cerita, kecenderungan calon pembaca, serta bagaimana semestinya cerita disajikan. Hal ini berlaku baik untuk novel maupun cerita pendek.

Selain itu, editor buku juga akan memberikan saran kepada penulis, bagaimana semestinya ia mengembangkan cerita. Tentu saja, mereka juga harus mengecek ritme dari cerita, agar tidak menyebar terlalu luas.

2. Editor Media Massa

Mereka yang bekerja di bidang jurnalistik ini, biasanya akan berfokus kepada tata bahasa, tanda baca, fakta dalam tulisan, serta bagaimana pemilihan kata dalam tulisan.

Selain itu, editor media massa, dalam hal ini, majalah, koran, atau media online, akan menyesuaikan hasil perubahan tulisannya dengan kebijakan redaksi. Ya, ada sebuah kebijakan yang mesti dipatuhi.

Peran dan Tanggung Jawab Seorang Editor

Menurut Media Bistro, semua editor, di mana pun mereka bekerja, memiliki tanggung jawab yang sama. Mereka menghasilkan ide, menyaring materi, dan tentunya harus mampu membuat sebuah tulisan menjadi lebih baik.

Namun, sebenarnya ada banyak tanggung jawab yang dibebankan kepada seorang editor. Setidaknya ada beberapa peran dan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh seorang editor, seperti diantaranya:

Seorang editor memiliki peran kunci dalam dunia penulisan dan penerbitan. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa teks atau materi yang dipublikasikan memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Berikut adalah peran dan tanggung jawab utama seorang editor:

1. Menyunting Naskah

Peran utama seorang editor adalah menyunting naskah. Mereka harus memeriksa teks untuk memastikan bahwa tata bahasa, ejaan, dan struktur kalimatnya benar. Editor juga harus memperbaiki gaya penulisan jika perlu agar sesuai dengan gaya yang diinginkan.

2. Memeriksa Kesalahan Gramatikal

Editor harus sangat teliti dalam memeriksa kesalahan gramatikal dalam naskah. Ini termasuk kesalahan tata bahasa, penggunaan kata yang salah, dan ejaan yang tidak benar. Tugas ini memastikan bahwa teks tetap bersih dan mudah dipahami.

Peran dan Tanggung Jawab Seorang Editor

3. Menilai Kualitas Konten

Seorang editor juga harus menilai kualitas konten secara keseluruhan. Mereka harus memastikan bahwa ide-ide yang disampaikan dalam teks logis dan konsisten. Jika ada kebingungan atau inkonsistensi, editor harus memberikan saran untuk perbaikan.

4. Memeriksa Fakta

Dalam kasus naskah yang berisi informasi factual, editor harus memeriksa dan memverifikasi kebenaran informasi tersebut. Hal ini penting untuk menjaga integritas dan akurasi teks.

5. Mengelola Proyek Penerbitan

Editor sering bertanggung jawab untuk mengelola seluruh proyek penerbitan, terutama dalam konteks penerbitan buku atau majalah. Mereka harus menjadwalkan tahapan editing, berkoordinasi dengan penulis, dan memastikan bahwa semua tenggat waktu terpenuhi.

6. Berkomunikasi dengan Penulis

Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang editor. Mereka harus berinteraksi dengan penulis untuk memberikan umpan balik, menjelaskan perubahan yang diusulkan, dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas naskah.

7. Memahami Target Pembaca

Editor harus memiliki pemahaman yang baik tentang siapa target pembaca dari materi yang diedit. Ini membantu mereka memastikan bahwa gaya penulisan dan isi sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi pembaca.

8. Menerapkan Panduan Gaya

Jika ada panduan gaya atau pedoman tertentu yang harus diikuti, editor harus memastikan bahwa naskah mematuhi panduan tersebut. Ini termasuk aturan terkait dengan gaya penulisan, penomoran, dan referensi.

9. Memastikan Kesesuaian dengan Tujuan Penerbitan

Seorang editor harus selalu memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan penerbitan. Apakah itu informasi, hiburan, atau edukasi, editor harus bekerja untuk memastikan bahwa naskah mencapai tujuan tersebut.

10. Mempertahankan Standar Kualitas

Editor adalah penjaga standar kualitas dalam dunia penulisan. Mereka harus kritis terhadap kualitas naskah dan berusaha untuk meningkatkannya. Kualitas teks yang tinggi adalah tanda tangan seorang editor yang baik.

Skill yang Harus Dimiliki Editor

Skill dan Kualifikasi Editor

Secara umum, editor harus memiliki kemampuan menulis dan mengedit yang baik. Selain itu, mereka juga harus memahami hal-hal yang detail, serta tentunya memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas.

Mereka juga harus memahami gaya-gaya penulisan dan kutipan, seperti contohnya di Amerika Serikat, mereka diharuskan memahami perbedaan AP style dan Chicago style. Mereka juga harus memahami desain dan bisa mengoperasikan Microsoft Office.

Dari segi kualifikasi, rata-rata untuk bekerja di peran ini dibutuhkan pendidikan di bidang jurnalistik. Pengalaman sebagai penulis atau reporter juga diutamakan. Selain itu, pengetahuan dalam bidang tertentu juga diperlukan.

Misalkan, ketika kamu ingin jadi editor majalah olahraga, kamu harus punya pengalaman kerja di bidang olahraga atau pengetahuan di bidang tersebut. Sama halnya seperti sains, teknologi, maupun ekonomi.

Sekarang ini, banyak juga tempat-tempat yang membuka pelatihan jurnalistik, entah itu dari perusahaan media massa hingga lembaga nirlaba. Kamu bisa mengikuti itu dan mendapatkan pengalaman, yang kelak akan jadi bekal.

Jenjang Karir Editor

Agar bisa menjadi seorang editor, ada jenjang karier yang mesti dilalui oleh seseorang. Bagi yang ingin mendapatkan posisi ini di media massa, setidaknya ia pernah menduduki posisi sebagai reporter atau asisten editor selama beberapa tahun.

Biasanya, pengalaman sebagai reporter dan asisten editor ini akan jadi pijakan bagi perusahaan media, untuk menilai kelayakan seseorang untuk mendapatkan posisi ini. Selain itu, biasanya perusahaan juga mengadakan tes kepenulisan.

Ketika kamu sudah bisa menjadi editor, dengan pengalaman yang kamu dapat, kelak bisa jadi akan membawamu ke posisi yang lebih tinggi. Misalnya, jika itu di perusahaan media, maka kamu bisa menjejaki karier hingga menjadi pemimpin redaksi.

Sedangkan bagi editor buku, setidaknya mereka harus berpengalaman di bidang penerbitan. Jika tidak, minimal kamu harus berkuliah di bidang bahasa. Biasanya, di dunia perkuliahan sudah diajarkan mengenai proses editing cerita yang baik.

Untuk editor buku, prospek ke depan yang memungkinkan adalah memiliki penerbitan tersendiri. Karena setidaknya kamu sudah tahu bagaimana proses sebuah buku diterbitkan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu editor, mulai dari pengertiannya, tanggung jawab sebagai editor, skill yang dibutuhkan sampai jenjang karir di posisi editor ini. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like