Apa itu Anggaran Kas? Tujuan dan Cara Menyusunnya

Teknatekno.com – Apakah teknozen sudah tau apa itu anggaran kas? Anggaran kas merupakan bagian penting dalam mengoperasikan perusahaan. Tidak lain karena kas merupakan aset yang sering digunakan karena kemudahan penggunaannya.

Oleh karena itu, untuk menjalankan bisnisnya, perusahaan harus membuat anggaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan kas perusahaan.

Dengan demikian, bahaya kerugian akibat penyelewengan kas dapat diminimalkan. Selain itu, anggaran yang dibuat dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat laporan keuangan pada akhir waktu. Untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu Anggaran Kas
unplash, firmbee

Apa itu Anggaran Kas?

Apa itu anggaran kas? Bisa disebut dengan cash budget adalah anggaran yang memperkirakan secara lebih mendalam tentang kuantitas kas dan perubahannya dari waktu ke waktu sepanjang periode yang akan datang, termasuk permintaan kas dan pengeluaran kas.

Anggaran kas merupakan instrumen penting dalam proses perencanaan dan pengaturan keuangan bisnis karena berisi prediksi pengumpulan dan pengeluaran kas untuk periode yang akan datang, sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengetahui apakah perusahaan mengalami defisit kas atau surplus kas.

Apa itu Anggaran Kas Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa anggaran kas menurut para ahli yang perlu kamu ketahui yaitu:

1. Pengertian Menurut Nafarin (2013)

Anggaran kas adalah anggaran yang menampilkan perubahan kas dan menawarkan penjelasan atas perubahan tersebut dengan menampilkan arus kas masuk sebagai sumber kas dan arus kas keluar sebagai arus kas yang dibelanjakan (digunakan)

Sehingga mengakibatkan kelebihan atau kekurangan kas, dan saldo kas dalam waktu tertentu dari suatu organisasi.

2. Pengertian Menurut Gunawan dan Yunita (2017)

Anggaran kas menampilkan aliran kas masuk, aliran kas keluar dan posisi akhir untuk setiap periode. Penganggaran kas merupakan metode yang efisien untuk merencanakan dan mengendalikan arus kas. Estimasi kebutuhan kas dan pemanfaatan kas ekstra yang efisien.

Tujuan Anggaran Kas
pexel, karolina grabowska

Tujuan Anggaran Kas

Surplus atau defisit kas perusahaan tidak dapat ditentukan hanya oleh operasi operasinya, melainkan oleh apa yang telah dibuat. Sebagai hasilnya, anggaran kas dibuat dengan tujuan-tujuan sebagai berikut ini:

  1. Alat untuk terus memantau kondisi kas.
  2. Kas harus disesuaikan dalam kaitannya dengan total modal kerja, pengeluaran, pendapatan penjualan, dan utang.
  3. Memberikan ringkasan situasi kas akhir perusahaan untuk setiap periode operasi.
  4. Tentukan kebutuhan pembiayaan kelebihan kas untuk investasi dengan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan kas.
  5. Menentukan keberhasilan tujuan yang telah ditetapkan.
  6. Alat untuk mengatur dan mengkoordinasikan kegiatan.

Apa Saja Jenis Metode Penyusunan Anggaran Kas?

Anggaran kas terdiri dari beberapa jenis, bentuk, atau metode penyusunan yang perlu dipahami, yaitu:

1. Penerimaan dan Pembayaran

Strategi ini memerlukan pembuatan anggaran kas berdasarkan kolom-kolom, yaitu penerimaan dan pembayaran. Untuk menghitung saldo kas akhir, tambahkan saldo kas awal yang telah ditentukan sebelumnya ke total pendapatan dan kurangi pembayaran.

Perusahaan pasti menerima lebih banyak pendapatan daripada biaya agar memiliki uang ekstra untuk bulan berikutnya.

2. Untung dan Rugi yang Disesuaikan

Strategi ini digunakan untuk menawarkan informasi tambahan tentang seluk-beluk pendapatan dan biaya untuk perencanaan jangka panjang, di mana laba yang dihasilkan diperlakukan sebagai setara kas.

Untuk menyusun anggaran kas, teknik ini semata-mata meneliti transaksi non-tunai. Laba disesuaikan dengan mengurangi penyusutan, provisi, stok, pekerjaan dalam proses, penerimaan modal, penurunan debitur, dan pertumbuhan kreditur.

Kemudian laba diturunkan dengan dividen, pembayaran modal, kenaikan debitur, kenaikan saham, dan penurunan kreditur. Berikut ini adalah beberapa kebutuhan untuk membuat anggaran kas dengan menggunakan metode laba rugi yang disesuaikan:

  • Saldo pembukaan yang diharapkan.
  • Laba bersih selama periode waktu.
  • Perubahan aset lancar dan kewajiban lancar.
  • Arus masuk modal dan arus keluar modal
  • Dividen dibayarkan.

3. Metode Neraca

Semua komponen neraca, tidak termasuk kas, dicatat pada sisinya masing-masing dengan menggunakan prosedur ini, sehingga menghasilkan neraca yang seimbang. Jika kewajiban melebihi jumlah aset, nilai penyeimbang adalah kas di bank.

Jika sisi aset lebih berat daripada sisi kewajiban, nilai penyeimbang adalah perpanjangan kredit bank ketika saldo akun mencapai nol.

Bagaimana Cara Menyusun Anggaran Kas?

Untuk menyusun anggaran kas sebenarnya cukup mudah, yang perlu kamu ketahui hanya memperhatikan sebagai berikut:

1. Menghitung Penerimaan Kas

Ketika kamu pertama kali memulai sebuah perusahaan, kamu harus memiliki saldo kas. Kemudian, hitung berapa banyak uang tunai yang diterima atau diterima perusahaan dalam waktu tertentu. Catat jumlah total penjualan, termasuk pembelian tunai dan kredit. Secara umum, penerimaan kas dihasilkan oleh:

  • Penagihan piutang.
  • Penjualan dengan uang tunai.
  • Penjualan aktiva tetap.
  • Penerimaan non-operating, contohnya, penghasilan bunga, penghasilan sewa, penghasilan
    dividen dan sebagainya.

2. Menghitung Pengeluaran Kas

Pengeluaran kas dalam bisnis sering kali berupa biaya-biaya, termasuk biaya utama (operating) dan biaya non-utama (non-operating), seperti:

  • Pembelian tunai komoditas mentah
  • Pembayaran utang.
  • Pembayaran upah untuk pekerjaan langsung.
  • Pembayaran biaya pabrik tidak langsung.
  • Pembayaran Biaya administrasi harus dibayar.
  • Pembayaran biaya penjualan.
  • Pembelian aktiva tetap.
  • Pembayaran lainnya seperti bunga, sewa, dan lain-lain.

3. Penyusunan anggaran kas

Organisasi dapat menyiapkan anggaran kas dengan lebih mudah setelah menetapkan tujuan anggaran kas dan melakukan perhitungan yang disebutkan di atas. Anggaran kas ini harus seimbang, dengan biaya dan pendapatan yang tidak timpang atau berat sebelah.

Tetapi, secara umum, akan lebih ideal jika jumlah pendapatan melebihi jumlah pengeluaran. Keadaan ini akan memungkinkan keuangan perusahaan menjadi berlebih.

Contoh Dari Anggaran Kas

Contoh Dari Anggaran Kas

Teknik yang diadopsi, yaitu jangka pendek dan jangka panjang, memberikan gambaran tentang anggaran kas ini. Dalam jangka pendek, ini adalah anggaran yang digunakan untuk satu tahun. Metode ini digunakan untuk menilai kondisi keuangan dalam kaitannya dengan penarikan kas yang sedang berlangsung.

Selanjutnya, untuk jangka panjang, yaitu berlaku sepanjang 5-10 tahun ke depan. Keuntungan yang dapat diperoleh adalah untuk mengetahui kemampuan perusahaan. Kapasitas untuk menawarkan lebih banyak uang dari sumber internal dan memprediksi saldo kas akhir yang bersangkutan.

Demikian pula, anggaran kas memungkinkan manajemen untuk memperkirakan sejumlah besar uang tunai. Sejumlah besar uang tunai menganggur di rekening bank tidak baik untuk bisnis. Paling tidak, uang ini harus diinvestasikan untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang layak.

Kelebihan uang tunai biasanya lebih baik digunakan untuk tumbuh dan menciptakan aktivitas baru daripada duduk diam dan tidak menghasilkan apa-apa bagi organisasi.

Demikian pula, anggaran kas memungkinkan manajemen untuk memperkirakan sejumlah besar uang tunai. Sejumlah besar uang tunai menganggur di rekening bank tidak baik untuk bisnis.

Tanya Jawab Tentang Anggaran Kas

Berikut ini adalah beberapa tanya jawab seputar anggaran kas yaitu:

1. Siapa yang Membuat Anggaran Kas?

Setelah pembuatan anggaran penjualan, pembelian, dan pengeluaran modal, manajemen sering kali membuat anggaran kas.

2. Mengapa Setiap Perusahaan Perlu Untuk Membuat Anggaran Kas?

Anggaran kas adalah perkiraan situasi kas untuk periode waktu tertentu. Hal ini penting karena berkaitan dengan likuiditas perusahaan juga akan diketahui kapan perusahaan mengalami defisit dan kapan kelebihan. Anggaran kas untuk periode bulanan atau triwulanan dapat dibuat.

3. Mengapa Perusahaan Harus Memiliki Anggaran Kas yang Cukup Selama Periode Operasi?

Dengan kata lain, tujuan utama dari anggaran kas adalah untuk:

  1. Memberikan perkiraan posisi kas akhir sebagai konsekuensi dari aktivitas perusahaan untuk setiap kuartal.
  2. Mengetahui apakah ada kelebihan atau kekurangan kas, serta menentukan kebutuhan pembiayaan dari kelebihan angsuran kas untuk investasi.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa apa itu anggaran kas yang memperkirakan secara lebih mendalam tentang kuantitas kas dan perubahannya dari waktu ke waktu sepanjang periode yang akan datang, termasuk permintaan kas dan pengeluaran kas.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu anggaran kas, tujuan, jenis metode, serta cara menyusun,  hingga contoh anggaran kas. Semoga bermanfaat ya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like